Suzuki Swift Facelift Bakal Sulit Masuk ke Indonesia

suzuki-swift-sport
(foto: Jackson Motor Company) suzuki-swift-sport

RiderTua Mobil – Suzuki sebenarnya sudah memiliki facelift untuk Swift juga, tetapi itu sudah setahun yang lalu ada di Jepang, Thailand, dan India. Modelnya lebih kelihatan cakep daripada pendahulunya. Tetapi PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak memiliki rencana untuk membawa Swift terbaru tersebut. Kenapa Pak Bos ?Suzuki Swift Facelift bakal sulit masuk ke Indonesia.

Baca juga: Suzuki Swift Anyar Meluncur di Thailand

Stop Jualan Swift Sejak Dulu

SIS sebenarnya memang tak ingin mendatangkan Swift facelift ke Indonesia. Alasannya karena Swift sudah dihentikan penjualannya tepat setelah facelift-nya dirilis. Hatchback ini tidak selaris saudaranya seperti Ertiga maupun model lainnya di Indonesia.

Sebagai penggantinya, SIS mendatangkan Baleno hatchback bulan Agustus 2017 lalu, dan itu merupakan fokus selanjutnya setelah versi sedannya. Karena SIS menganggap Baleno lebih menarik dan kapasitas interior lebih besar dari Swift, sehingga Suzuki ingin mengenalkannya lebih jauh kepada konsumen Indonesia. Hingga kini Suzuki masih bimbang apakah nantinya mereka bisa jualan Swift lagi. Pasalnya mereka harus melihat terlebih dahulu permintaan Swift dari konsumen Indonesia. Kalau masih tinggi, maka kemungkinan SIS akan jualan Swift.

Mengenai Swift facelift, mobil ini menggunakan platform Heartect, yang kemudian diaplikasikan pada Baleno, Ignis, dan All New Ertiga. Mesin yang dipakai ada dua jenis, yaitu bensin 1.2L dan diesel 1.4L. Swift yang dijual di tiga negara tersebut memiliki fitur khasnya tersendiri. Kalau di Jepang ada pilihan mesin 3 silinder 1.0L turbo, Thailand memiliki CVT, dan India ada transmisi AGS (Auto Gear Shift).

Be the first to comment

Leave a Reply