Tanpa Pemberitahuan, Kia Ternyata Sudah Keluar dari Gaikindo

kia sp concept 2018

RiderTua mobil– Kabar mengejutkan datang dari Kia Indonesia yang ternyata sudah tak lagi menjadi anggota Gaikindo. Mungkin ini ada hubungannya dengan absennya Kia dari menyetor data hasil penjualan mobil di Indonesia akhir-akhir ini. Tanpa pemberitahuan, Kia ternyata sudah keluar dari Gaikindo.

Baca juga: Kia Indonesia Luncurkan Grand Sedona Diesel

Tak Serahkan Data Penjualan

Gaikindo mengatakan kalau Kia keluar dari keanggotaan karena tidak menyerahkan data penjualan per bulan dan administrasi seperti produsen lainnya. Gaikindo pernah melayangkan surat kepada pihak Kia mengenai hal ini dan kemudian disepakati.

Kukuh Kumara selaku Sekretaris Umum Gaikindo mengatakan

“Jadi sejak beberapa bulan ini sudah tidak lagi anggota. Sejak itu pun kami sudah mengirim surat kepada KIA dan hasilnya sesuai dengan kesepakatan”

Kia Indonesia sempat terlihat mencatatkan penjualan hanya di bulan Januari sampai Maret tahun ini. Setelahnya Kia tak terlihat lagi mencatatkan penjualannya. Kabar mengenai Kia seolah-olah tenggelam begitu saja terganti kehadiran merek lain asal China seperti Wuling dan DFSK Sokon.

Mengenai masalah keluar dari keanggotaan, Kia Indonesia tidak mau membahasnya lebih dalam. Meskipun begitu, Kia Indonesia mengatakan kalau mereka bisa sewaktu-waktu kembali menyetor data penjualan ke Gaikindo.

Harry Yanto selaku GM Business Development PT. KIA Mobil Indonesia (KMI) mengatakan

“Kalau kami tidak setor data, itu benar. Tapi jangan ditanya kenapa alasannya. Saya tidak bisa jelaskan disini dan kami harap maklum kalau kami tidak mau menjelaskan secara lebih dalam”

Masalah ini mungkin mengingatkan kita tentang apa yang terjadi pada Mercedes-Benz. Saat itu Mercy dikeluarkan dari keanggotaan Gaikindo karena masalah yang sama, yaitu tidak menyetor data penjualan. Jika dibandingkan dengan masalah yang dihadapi sekarang, Kia mengatakan masalahnya tidaklah sama dengan Mercedes-Benz.

Be the first to comment

Leave a Reply