Getaran Mobil Ternyata Jadi Biang Rasa Kantuk?



(Foto: Okezone News)

RiderTua mobil– Biasanya dalam melakukan perjalanan baik itu jarak dekat maupun jauh, yang namanya rasa kantuk pasti akan ‘menyerang’ kapan saja. Kelelahan saat mengemudi ataupun hal lainnya bisa menjadi penyebab rasa kantuk. Tetapi ternyata ada penyebab lainnya dari rasa kantuk, yaitu getaran mobil. Masak sih ? Getaran mobil ternyata jadi biang rasa kantuk.

Baca juga: Ini Siasat Agar Supercar Kesayangan Tidak Cepat Rusak

Hati-hati Saat Mengemudi

Mungkin terdengar aneh, bagaimana bisa getaran mobil menyebabkan kantuk? Penemuan ini ditemukan oleh Professor Stephen Robinson dari RMIT University Melbourne Australia. Bahkan dari hasil penelitiannya ini, getaran mobil bisa mengundang rasa kantuk dalam waktu 15 menit.

Penelitian tersebut melibatkan 15 orang sukarelawan yang kemudian menggunakan virtual simulator. Dari alat tersebut, mereka melakukan seolah-olah sedang mengendarai mobil di jalur dua arah selama satu jam. Simulator tersebut memberi stimulus getaran dengan frekuensi berbeda, layaknya mobil sungguhan. Kemudian peneliti mengukur tingkat kantuk dengan melihat dari detak jantungnya.

Hasilnya? Getaran lebih lembut ternyata membuat badan menjadi rileks dan rasa kantuk pun datang. Dalam kondisi seperti ini memang wajar untuk penumpang, tapi bagi pengemudi sangatlah membahayakan. Karena tingkat konsentrasi dan kewaspadaan di jalan akan menurun sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

Dari hasil ini, peneliti berharap produsen mobil untuk bisa melihat hasil penelitian ini. Nantinya akan dijadikan evaluasi untuk memperhitungkan penghindaran rasa kantuk saat berkendara. Seperti memiliki desain kursi mobil yang punya fitur pencegah rasa kantuk dengan mengurangi getarannya. Terdengar cukup menjanjikan, ya?

Be the first to comment

Leave a Reply