Honda Gandeng Panasonic Buat Baterai Portable

foto : otomotif style

RiderTua Motor – Honda Motor berencana akan meluncurkan sebuah motor listrik yang dilengkapi dengan baterai detachable (bisa dilepas) pada akhir 2018, yaitu di musim gugur antara bulan November-Desember. Nah untuk itulah Honda mencari rekanan kerja untuk mengembangkan baterainya. Honda gandeng Panasonic buat baterai portable.

Baca juga: Suzuki Bantu Kerja Sama Toyota-Panasonic untuk Pasok Baterai Mobil Listrik

Baterai Yang Bisa Dilepas-Pasang

Transisi industri otomotif dari kendaraan konvensional (ber-BBM) ke kendaraan listrik terjadi dengan cepat. Industri otomotif yang terus bergerak dengan cepat dalam mewujudkan kendaraan ramah lingkungan inilah yang kemudian membuat Honda Motor menggandeng  perusahaan baterai untuk membuat baterai itu.

Dan perusahaan Panasonic-lah yang kemudian dipilihnya. Sebelumnya raksasa produsen mobil Toyota sudah melakukan kerjasama dengan Panasonic dalam menciptakan sebuah baterai yang canggih.

Honda Motor dan Panasonic akan bersama-sama mengembangkan baterai lithium-ion portable alias bisa dilepas-pasang. Maksudnya, jika baterai itu habis/kosong maka bisa dilepas kemudian ditukar dengan baterai yang sudah terisi penuh. Yup, kayak beli elpiji atau galon air minum. Jadi konsumen tak perlu menunggu waktu lama untuk mengecas baterai.

Baterai dengan model begini sangat cocok digunakan di negera berkembang yang nota bene infrastruktur stasiun pengisian baterai masih belum memadai. Konsep baterai portable ini sudah terlebih dulu digunakan di Taiwan dengan merek Gogoro.

Tak hanya itu, Honda Motor dan Panasonic juga akan mengembangkan baterai yang bisa digunakan untuk hal lain selain untuk motor. Misalnya untuk penerangan rumah atau hanya untuk mengisi baterai ponsel.

Baterai itu rencananya akan dipasok ke berbagai negara berkembang terutama di wilayah Asia.

Be the first to comment

Leave a Reply