Suzuki Bantu Kerja Sama Toyota-Panasonic untuk Pasok Baterai Mobil Listrik

logo kerjasama toyota dan suzuki
(Foto: Autos.id) logo kerjasama toyota dan suzuki

Suzuki Bantu Kerja Sama Toyota Panasonic untuk Pasok Baterai Mobil Listrik – Toyota memulai kerjasama dengan Panasonic untuk membuat baterai prisma yang akan digunakan untuk mobil listrik. Tentu hal ini bertujuan untuk mengurangi emisi karbon yang semakin mengkhawatirkan.

Baca juga: Mirage ‘Pinjam’ Platform Renault Clio, Apa Tanggapan Mitsubishi Indonesia?

Suzuki Ikut Nimbrung Kerjasama Toyota-Panasonic

Nampaknya Suzuki melihat peluang ini. Ya seperti peribahasa ‘ada kesempatan dalam kesempitan’. Meski tak ada tempat baginya untuk bergabung bersama Toyota-Panasonic, Suzuki menyambut ‘kemungkinan’ kesepakatan pasokan baterai mobil listrik. Meskipun dengan sedikit agak ‘ngeyel’ Suzuki akan menyikat peluang kerjasama bisnis ini. Posisi Suzuki disini bukan ngrecoki tapi membantu keduanya.

Sebelumnya, Suzuki dan Toyota sepakat untuk bekerjasama dalam memperdagangkan keahlian di bidang penyediaan barang, penelitian dan pengembangan mobil, termasuk menjual mobil listrik di India.

Sementara Toyota sudah mengumumkan bahwa akan menggandeng Panasonic untuk memproduksi baterai mobil listrik. Hal ini dilakukan untuk memenuhi target agar mobil ramah lingkungan mencapai setengah dari total penjualan mobil pada 2030 nanti.

Kerjasama antar produsen mobil sering dijumpai di dunia otomotif. Hal ini bertujuan untuk mengatasi masalah tingginya biaya pengembangan teknologi baru, seperti baterai atau teknologi khusus mobil listrik. Produsen yang sudah bekerjasama dengan produsen lain yaitu aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault.

Baca juga: Aliansi Tiga Sekawan, Mitsubishi Tak Mau ‘Share’ Desain Mobil ?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*