Topper Skuter Harley-Davidson Yang Melegenda



Harley-Davidson Topper, Skuter Jadul Tapi Berteknologi Zaman Now
Harley-Davidson Topper, Skuter Jadul Tapi Berteknologi Zaman Now

RiderTua Mobil – Boleh dibilang kalau Harley-Davidson merupakan salah satu produsen moge terkenal di seluruh dunia. Produknya sudah melalang buana ke seluruh dunia hingga ke Indonesia, walau harganya sangat mahal. Namun dibalik kesuksesan pasti ada kisah dibaliknya. Harley yang terkenal menjual moge-moge keren ternyata pernah punya motor skuter. Topper skuter Harley-Davidson yang melegenda.

Baca juga: Inilah Sepeda Harley-Davidson Legendaris Berusia 115 Tahun

Motor Skuter Legendaris Harley

Harley-Davidson memproduksi skuter dari tahun 1960 sampai 1965. Walau hanya 5 tahun, skuter buatan produsen AS ini laku keras pada masanya. Di kampung halamannya skuter menjadi motor favorit di periode tersebut. Inilah kesempatan yang digunakan Harley-Davidson untuk mengenalkan lebih jauh mereknya.

Skuter yang dinamai Topper ini dirakit menggunakan mesin 2-tak 165cc. Jauh berbeda dengan mesin v-twin yang digunakan Harley saat ini. Mesin tersebut ternyata dipasang di floorboard, bukannya di bawah jok seperti Vespa. Lalu ada transmisi otomatis CVT Scootaway Drive yang mampu menghasilkan tenaga 9 tk dan kecepatan maksimal 74 km/jam.

Namun ada kekurangan dari Topper, yaitu tak adanya kipas pendingin mesin sehingga gampang mengalami overheat. Rem tromol 5 inci depan dan belakang dikendalikan dengan sistem parking brake lock untuk roda depan dan pedal untuk roda belakang. Cara menghidupkannya menggunakan rope-recoil, yaitu menarik tali untuk menyalakan mesin.

Tetapi jauh sebelum memproduksi skuter, Harley-Davidson membuat sepeda. Produksinya bertahan lama, sebelum akhirnya beralih ke skutik. Penyebab usia skuter ini pendek karena kalah bersaing dengan produsen lainnya. Jadilah Harley-Davidson beralih ke moge dan bertahan sampai sekarang.



Be the first to comment

Leave a Reply