Jimny ‘KW’ Ternyata Sudah Ada di China



(Foto: China Car Forums) Chok G1-Jimny kw

RiderTua Mobil – Suzuki mengumumkan akan membawa kembali SUV legendarisnya Jimny dengan model baru. Jimny membawa lebih banyak variasi dan warna baru dan akan hadir bulan depan. Namun di China ‘kloningannya’ sudah lebih dulu ada. Jimny ‘KW’ ternyata sudah ada di China, weladalah !

Baca juga: Ternyata Ada Bugatti Chiron ‘Palsu’ di China

China Jago Bikin Tiruan Mobil?

Mobil yang dimaksud adalah Chok G1. SUV ini dibuat oleh produsen sepeda motor terbesar di China, Dayang Motorcycle, dari divisi LSEV (Low Speed Electric Vehicle/mobil listrik berkecepatan rendah). Entah berapa harga yang dipatok untuk mobil ini.

Chok G1 memang mirip sama Jimny. Namun sebenarnya dimensi Chok G1 lebih kecil dari Jimny, dan tak ada ban serep alias konde di bagian belakang mobil. Desainnya diubah sedikit agar tidak menyerupai Jimny. Untuk interior, memang tak mirip dengan Jimny karena mereka menggunakan desain sendiri. Apalagi panel instrumennya sudah digital.

Karena mobil listrik, Chok G1 menggunakan motor listrik bertenaga 8 tk dan bisa melaju sejauh 200 km. Entah berapa lama mobil ini bisa mengisi dayanya. Termasuk apakah Chok G1 digolongkan sebagai mobil listrik murni atau campuran. Sebenarnya Suzuki Jimny sudah dijual di China sejak 1998, pilihannya hanya mesin 1.3L bertenaga 85 tk. Tetapi kabarnya sudah tidak terdengar lagi, membuat Dayang Motorcycle berani membuat klonnya.

Tak hanya Jimny yang jadi ‘korban klon’ oleh China. Hypercar yang sedang terkenal saat ini, yaitu Bugatti Chiron ikut kena juga. Meski desainnya mirip, mobil tersebut terlihat lebih kecil dan kurang gahar dari Chiron asli apalagi tenaganya, jauh !



Be the first to comment

Leave a Reply