Gara-gara Dieselgate Bos Audi Ditangkap



Rupert Stadler (Chairman of the Board of Management of AUDI AG) (Foto: AudiWorld)

RiderTua Mobil – Skandal emisi mobil diesel atau dieselgate masih terus berlanjut. Karena tak ingin masalah terus berlanjut maka pemerintah Jerman harus menangkap bos Audi dan VW Group, Rupert Stadler. Ia sudah bekerja sejak tahun 1990 dan mulai menjabat sebagai eksekutif tahun 2010. Gara-gara dieselgate Bos Audi ditangkap.

Baca juga: VW dan Audi Indonesia Stop Jual Mobil Diesel, Apa Alasannya ?

Kecurangan Yang Membawa Bencana

Kasus ini mulai terjadi di tahun 2015. Volkswagen dituduh memasang alat penipu tes emisi agar bisa menghasilkan angka emisi yang baik. Sudah ada 240 ribu unit mobil diesel yang terkena dampaknya. Untuk menghindari masalah yang terus berkelanjutan, maka Volkswagen pun mengakuinya.

Untuk investigasi lebih lanjut, aparat sudah memeriksa 20 karyawan Audi, termasuk Stadler. Bahkan rumah Stadler ikut digeledah untuk mencari barang bukti. Investigasi ini sudah berjalan selama lebih dari setahun.

Mengenai penangkapan Stadler, juru bicara Volkswagen Nicolai Laude membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun ia tidak memberi informasi lebih lanjut. Saat ini ia mengatakan kalau dewan pengawas VW Group sedang berdiskusi membahas masalah tersebut untuk langkah lebih lanjut. Memang Stadler bisa saja dibebaskan dari penangkapan tersebut, asal bisa bersikap kooperatif pada penyidik, maka ia mungkin lolos.

Masalah dieselgate tidak akan terjadi seandainya Volkswagen tidak berbuat curang. Kalau masalah kecurangan ini tidak ketahuan, maka konsumen dan lingkunganlah yang dirugikan. Emisi gas yang berlebihan bisa menyebabkan efek rumah kaca dan global warming. Apalagi gas karbon bisa merusak kesehatan. Jadi tak salah jika Bos Audi/VW harus bertanggungjawab atas apa yang dilakukan perusahaannya.



Be the first to comment

Leave a Reply