Semua Pembalap Honda Masih Pakai ‘Sasis Bekas’ 2016




RiderTua MotoGP – Semua pembalap Honda masih pakai ‘Sasis Bekas’ 2016. Pernyataan menarik datang dari pembalap lapis kedua di tim satelit Honda Cal Crutchlow. Dimana ternyata pembalap Honda memakai sasis atau frame yang selama dua tahun terakhir dipakai. Dan infonya itu adalah proyek yang ditugaskan kepada pembalap Inggris itu. Intinya mulai 2016 Honda tidak merubah sasis apakah terbukti handal ?

Sempat Ditolak

Ternyata menurut Cal Crutchlow alasan pengendara Honda masih menggunakan sasis RCV 2016, adalah karena tim lebih memfokuskan diri dalam upaya pengembangan mesin dan elektronik di tahun-tahun sesudahnya.

Crutchlow memang ditugasi sebagai pengembang frame balap Honda selama paruh kedua tahun 2016, Namun pernah ditolak mentah-mentah oleh  pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Namun justru dengan frame itu Crutchlow  menang di Ceko dan Australia 2016.

Akhirnya semua rider Honda lainnya ikutan memakai frame yang dipakai pembalap Inggris itu mulai awal musim 2017 dan, Crutchlow percaya, semua terus menggunakannya sejak itu. Seperti dilansir crash.net(18/06/18)

“Saya pikir semua pengendara Honda menggunakan (frame)sama seperti saya, atau apa yang kami pilih pada 2016 dan terus memakainya. Hanya saja kami tidak mendapatkan pembaruan sejak saat itu. Jadi ini tidak seperti suka atau tidak suka dengan frame yang lain. tapi konsentrasi kami selalu pada mesin dan elektronik (saja). Mungkin kita akan memiliki chasis baru di tahun ini. Saya tidak tahu. Namun saya tahu bahwa (dengan frame) itu adalah area di mana saya pikir kita dapat meningkatkan (performa). Juga para pengendara (Honda)yang lain berpikir kita dapat meningkatkan di sana (frame) juga. Jadi saya berharap itu mungkin akan menjadi langkah selanjutnya (frame baru). Kami akan melanjutkan dengan apa yang kami miliki (frame 2016), karena itu jelas cukup bagus untuk menjadi kompetitif.” kata Crutchlow selama tes pasca balapan Senin di Barcelona.

Masalah saat menikung

Melihat hasil yang ditorehkan oleh mesin RCV sejauh musim ini, dimana telah berhasil mengklaim empat kemenangan ( tiga untuk Marquez, satu untuk Crutchlow) Cal Crutchlow mengatakan bahwa titik lemah Honda adalah saat berbelok tingkat kesulitan sepeda motor (kurang nyaman). Namun poin positifnya dan kekuatan motor tahun ini adalah sangat cepat.

Menariknya lagi pasti Crutclow tahu motor apa yang paling nyaman di MotoGP..?



1 Comment

Leave a Reply