Inilah 10 Negara Produsen Mobil Terbesar di Dunia



negara produsen mobil terbanyak

Banyak negara-negara di dunia yang memproduksi mobil dan masing-masing memiliki jumlah produksi yang bervariasi. Inilah 10 negara produsen mobil terbesar di dunia.

Baca juga: Inilah 10 Mobil Terbaik dan 10 Merek Terbaik 2018

Data dari OICA

OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles) mendata negara mana saja yang menjadi negara dengan produksi mobil terbanyak di dunia. Inilah ke-10 negara tersebut :

  1. China: 29 juta unit (24,8 juta mobil penumpang dan 4,2 juta mobil komersil)
  2. Amerika Serikat: 11,1 juta unit
  3. Jepang: 9,6 juta unit
  4. Jerman: 5 juta unit
  5. India: 4,7 juta unit
  6. Korea Selatan: 4,1 juta unit
  7. Meksiko: 4 juta unit
  8. Spanyol: 2,8 juta unit
  9. Brazil: 2,6 juta unit
  10. Prancis: 2,2 juta unit

Memang tidak mengejutkan kalau China memimpin di peringkat teratas daftar tersebut. Mobil buatan Negeri Tirai Bambu tersebut sudah tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kemajuan teknologi negeri China melesat bak anak panah. Tidak hanya di sektor otomotif saja namun bisa dikatakan menyeluruh di semua sektor.

Di Indonesia sendiri, perusahaan otomotif raksasa seperti Wuling dan yang terbaru Sokon juga menancapkan kuku bisnisnya di sini. Walaupun harus berjuang dengan stigma negatif akan produk buatan China di Tanah Air. Hasil kerja keras Wuling terbayar sudah. Ribuan inden berhasil ditorehkan Confero dan Cortez disini. Dan yang mencengangkan, Wuling Hongguang (Confero) dinobatkan sebagai mobil terlaris di dunia menempati posisi ke-20.

Baca juga: Inilah Daftar Mobil Terlaris Dunia 2017

Indonesia

Sementara Indonesia sendiri menempati posisi 18 dengan total produksi mobil penumpang dan komersil hingga 1,2 juta unit. Jumlah tersebut sebenarnya bisa saja bertambah karena potensinya besar sekali.



Be the first to comment

Leave a Reply