Inilah Model Mobil yang Kurang Beruntung Tahun Ini

Penjualan mobil di tahun 2017 tembus angka hampir 1 juta unit. Ada yang menggembirakan bagi sejumlah model mobil, namun ada juga yang penjualannnya mengecewakan atau kurang beruntung. Mobil mana saja yang merasa kurang beruntung di tahun ini? Inilah Model Mobil yang Kurang Beruntung Tahun Ini

Baca juga: 10 Mobil Baru Paling Mengecewakan

Pick-Up

Dimulai dari kelas pikap mobil double cabin. Model seperti Mazda BT-50 dan Ford Ranger mengalami nasib yang kurang beruntung. BT-50 terjual hanya 136 unit dan Ranger terjual 178 unit.

datsun go 2016
datsun go 2016

LCGC/Mobil Murah

Beralih ke kelas LCGC. Meski segmen ini paling banyak difavoritkan, namun masih ada yang penjualannya menurun. Kehadiran duo Calya-Sigra benar-benar berdampak pada penjualan ‘saudaranya’ sendiri, Agya-Ayla. Kedua model ini terjual 42.298 unit dan 36.989 unit. Itu masih bagus, jika dibandingkan dengan penjualan Datsun GO+ yang hanya terjual 3.753 unit.

Suzuki-Splash
Suzuki-Splash

City Car

Lain LCGC, lain pula di kelas city car. Segmen ini mengalami penurunan minat dari konsumen. Seperti yang terjadi pada Toyota Etios yang mengalami penurunan penjualan secara drastis, hanya terjual 665 unit dan Kia Picanto yang terjual 111 unit. Sirion dan Mirage mengalami hal yang sama, bahkan karena hal ini Suzuki terpaksa harus menyuntik mati Splash di tahun 2016 lalu.

Hyundai-grand-avega-facelift
Hyundai-grand-avega-facelift

Hatchback

Di segmen hatchback, Mazda 2 terjual hanya 1.273 unit, turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 2.581 unit. Masih cukup bagus sebenarnya. Grand Avega juga terpaksa harus disuntik mati oleh Hyundai, sebagai gantinya ada i20 agar menjaga Hyundai tetap bertahan di kelas ini.

Nissan evalia
Nissan evalia

MPV

Sementara di kelas MPV, hampir sama seperti yang terjadi di kelas LCGC, walau menjadi segmen favorit, ada saja penjualan yang menurun drastis. Nissan Evalia malah terjual hanya 17 unit di tahun ini ! Kemudian, posisi NAV1 yang diganti oleh Toyota Voxy masih bisa mencatat penjualan yang bagus yaitu 742 unit. Namun Mazda VX-1, Honda Freed, dan Proton Exora tak dapat bertahan lama di segmen MPV. Artinya, Sienta harus ‘berjuang’ sendirian di kelas dengan persaingan ketat ini, walau penjualan pada bulan November lalu tidak bagus.

2017-ford-ecosport
(Foto: CarAndBike) 2017-ford-ecosport

SUV

Terakhir, di kelas SUV ada Outlander Sport yang hanya terjual 887 unit di tahun ini, sementara penjualan di tahun 2016 mencapai 1.665 unit. Kiprah Ford Ecosport dan Everest juga harus berakhir di tahun ini.

Mungkin tahun ini model-model tersebut kurang beruntung. Semoga saja penjualannya menjadi stabil di tahun depan nanti, ya…

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page