Ducati Superbike Panigale terbaru DNA Desmosedici MotoGP ?


ktm indonesia

Kita mengetahui bahwa dalam setahun belakangan ini Ducati sedang bekerja pada motor Superbikenya dengan mesin empat silinder…. Saat Ducati memulai  Kejuaraan Dunia MotoGP dengan Desmosedici di tahun 2003, konsep mesinnya sudah benar dari awal dimana hanya dengan mesin empat silinder dapat mempunyai satu kesempatan melawan pabrikan Jepang yang begitu kuat pada saat itu.
Sejak Ducati menampilkan Desmosedici RR versi paling mahal dan terbatas pada tahun 2007, saat itulah awal mula impian para tim di Kejuaraan Dunia Superbike dengan mesin empat silindernya dari Bologna… dimana tanggal 20 Januari 2016 bos Ducati Claudio Domenicali secara resmi mengatakan bahwa Ducati sedang mengerjakan motor Superbike dengan mesin berkonfigurasi V4.

Dilansir speedweek dalam sebuah interview dengan Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti mengatakan ketika ditanya kapan Ducati akan membawa motor superbike yang sudah di homologate tersebut untuk Kejuaraan Dunia Superbike dengan mesin empat silinder di pasaran( tanggal rilisnya) namun dengan “halus” mereka mejawab bahwa pastinya tahun depan, mereka tentunya harus berkompetisi dengan Panigale di Kejuaraan Dunia Superbike dan mereka tak bisa mengatakannya lagi.

Mengenai apakah Ducati sedang memikirkan tentang perubahan fundamental dalam filosofi mesin superbike mereka? Paolo Ciabatti pun menyatakan bahwa dia tak bisa berkontribusi banyak di topik itu… Namun Ducati mengantisipasinya dengan cara sendiri, sebuah evolusi pada motorsport mereka…
Akankah V4 Superbike akan menjadi proyek pengembangan baru berdasarkan motor Desmosedici RR atau menggunakan pengetahuan dari proyek MotoGP saat ini.. sepertinya tim merah sudah jauh melakukan perubahan pada mesin Desmo MotoGP mereka hingga saat ini dimana itu merupakan landasan bagus  untuk mengembangkan motor standar, dan mereka kini  sedang mengerjakannya namun tidak mendesain ulang mesinnya secara keseluruhan. jadi merupakan adaptasi dari mesin prototype untuk sebuah motor superbike.

Rupanya di ranah superbike Ducati ingin patahkan dominasi Kawasaki dan sepertinya saat ini hanya Ducati yang mampu tempel ketat Kawasaki…

Be the first to comment

Leave a Reply