Categories: Superbike

Alvaro Bautista : Saya Beruntung, Tidak Jatuh dengan Toprak

RiderTua.com – Alvaro Bautista berhasil menorehkan rekor baru dengan 18 kemenangan dalam satu musim (kemungkinan masih bisa bertambah), sejauh ini tidak ada pembalap Kejuaraan Dunia Superbike sebelumnya yang mampu mencapai torehan ini. Setelah bernasib buruk pada hari Sabtu, keberuntungan berpihak pada rider dari tim Aruba.it Ducati itu pada hari Minggu setelah Toprak Razgatlioglu (Yamaha) crash di balapan kedua di Most-Republik Ceko.

Mengenai highside yang dialami Toprak, Bautista mengatakan, “Satu lap sebelumnya, saya hampir jatuh di tikungan sebelumnya karena aspal di sana sedikit rusak. Karena itu, dia bisa membuka sedikit celah dan saya tidak begitu dekat dengannya seperti di lap sebelumnya. Jika dia jatuh di lap normal, saya dan dia pasti akan bertabrakan karena kami sangat berdekatan. Saya tidak beruntung pada hari Sabtu, namun saya beruntung di hari Minggu.”

Alvaro Bautista : Saya Beruntung, Tidak Jatuh dengan Toprak

Toprak Razgatlioglu Alvaro Bautista 1

Balapan akhir pekan di Most dimulai dengan bencana bagi Alvaro Bautista. Dalam kualifikasi, dua lap tercepatnya dibatalkan karena bendera kuning dan hanya membuatnya berada di posisi ke-14 di grid. Pada balapan hari Sabtu, dia salah memilih ban dalam kondisi campuran dan bermasalah saat melakukan pit stop sehingga menghabiskan waktu 20 detik lagi.

Meski menempati posisi ke-12, Alvaro berusaha menenangkan diri pada Sabtu malam. Pembalap berusia 38 tahun itu tahu bahwa hasil terburuk musim ini tidak ada hubungannya dengan performa membalapnya. Sebaliknya, itu adalah keadaan yang tidak menguntungkan. “Penting agar kita tidak nervous atau merasa khawatir setelah hari seperti ini. Hal-hal seperti itu bisa terjadi,” tegas pembalap Ducati itu.

Hari-hari buruk menunjukkan karakter seorang atlet dan Bautista berhasil menanggapinya dengan mengagumkan pada hari Minggu. Pada sprint race, dia langsung mendapatkan 7 posisi di lap pertama dan naik ke posisi 5. Di finis, hanya Toprak Razgatlioglu (Yamaha) dan Jonathan Rea (Kawasaki) yang berada di depannya. Dengan hasil itu, Bautista start dari barisan depan grid di balapan utama kedua.

Selama 16 lap, terjadi duel sengit antara Bautista dan Razgatlioglu yang membuat para penggemar tersentak dari tempat duduknya. Sayangnya, Toprak jatuh karena masalah ban sehingga membuka jalan bagi Bautista untuk meraih kemenangan ke-18 musim ini.

Luar biasa, belum pernah seorang pun sebelum dia yang mampu mengelola musim seperti itu dan masih ada 12 balapan yang tersisa. “Itu bagus. Tapi feelingku sekarang lebih baik. Paginya saya masih start ke-14, lalu tiba-tiba naik podium. Bahkan dengan akhir pekan yang sangat sulit, kami kompetitif dan mampu bertarung untuk meraih kemenangan,” ujar Bautista sumringah.

Apakah Bautista melihat ada peluang kemenangan meski tanpa crash yang dialami Toprak Razgatlioglu? “Saya tidak memikirkan apakah saya akan menjadi yang pertama atau kedua. Sebaliknya, saya menikmati pertarungan dan balapan. Kami berdua berada di limit. Dan saya lebih sering kesulitan pada trek ini ketimbang di tempat lain. Itu karena saya sangat ringan dan motor saya menjadi sangat tidak stabil dengan perubahan arah yang cepat,” jawab rider suami Grace Barroso itu.

“Ban hard membuatnya lebih buruk. Pembalap top selalu cepat di sirkuit ini. Kita bisa berkendara lebih presisi di sini karena kita mendapat lebih banyak tekanan di aspal dan sebagai hasilnya motor kita lebih stabil. Tidak sangat penting bagi saya, apakah saya menang atau tidak. Yang lebih penting adalah saya bersama musik dan mampu berjuang untuk kemenangan,” pungkas rekan setim Michael Rinaldi itu.

Pada hari Sabtu, keunggulan Bautista atas Razgatlioglu di klasemen secara keseluruhan adalah 54 poin, dan usai balapan di hari Minggu menjadi 74 poin.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Suzuki Motor Indonesia Rilis Nex II Cross Model 2024, Harganya Rp 20 Jutaan

RiderTua.com - Suzuki Motor Indonesia baru saja meluncurkan Suzuki Nex II Cross model 2024 sebagai skutik ramping yang bergaya adventure.…

1 Maret 2024

Jorge Martin : Sekarang Saya Melatih Level Mentalku

RiderTua.com - Tak hanya Ducati GP24 yang terbukti mengalami kemajuan di tes Qatar, Jorge Martin juga mengidentifikasi bahwa dirinya siap…

1 Maret 2024

Berani Salip Adiknya Alex untuk Menang? Marc Marquez : Saya Lebih Memilih Minta Maaf Ketimbang Minta Izin

RiderTua.com - Menjelang dimulainya MotoGP musim 2024, Marc Marquez ditanya apakah dia siap untuk memulai musim sebagai rekan satu tim…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP6)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Kamis (29/2/2024), Dalam sesi tes resmi untuk kelas Moto2 hari kedua (FP6), Celestino Vietti…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto3 Jerez Spanyol 2024 (FP6)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Kamis (29/2/2024), Pembalap Red Bull KTM Ajo, Jose Antonio Rueda menjadi yang tercepat dalam…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP5)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera — Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 hari kedua sesi kelima (FP5) : Kamis…

29 Februari 2024