Categories: MotoGP

Pecco Bagnaia Kini Lebih Siap, Lawan Ketar-ketir

RiderTua.com – Pecco Bagnaia paham betul bahwa MotoGP musim 2023 akan menjadi tantangan besar. Tapi rider pabrikan Ducati itu memberikan alasan bagus yang memberinya harapan bisa mempertahankan gelar tahun ini. “Saya ingin tetap menjadi orang yang sama seperti dulu. Saya akan terus merahasiakan kehidupan pribadi saya,” kata Francesco Bagnaia saat presentasi tim Ducati di Madonna di Campiglio Italia.

Dan rider asal Turin-Italia itu juga paham bahwa mempertahankan gelar MotoGP di musim 2023 akan sangat sulit. Pasalnya, Casey Stoner pun gagal menjadi juara dunia dua kali berturut-turut. Begitu pula Jorge Lorenzo, Joan Mir, dan Fabio Quartararo. Namun yang membuatnya yakin tentu saja Ducati tidak akan mengulangi kesalahan yang sama seperti tahun lalu, terlalu banyak uji coba (motor GP21 yang sudah bagus di utak-atik dan yang baru GP22 justru bermasalah) dan melakukan banyak kesalahan di paruh pertama musim, kini jelas lebih siap dan lebih suipp.. Lawan ketar-ketir ?

Pecco Bagnaia: Lebih Siap Dibandingkan Musim 2022

Di ajang ‘Campioni in Pista’, Pecco Bagnaia berbicara tentang rekan setim barunya Enea Bastianini, favorit gelar dan pelajaran yang dia dapatkan di tahun 2022.

Apakah hidup Pecco berubah sejak menjadi juara dunia? “Kehidupan saya normal, tidak ada yang berubah. Tapi apresiasinya berubah. Saya merasa bahwa publik dan penggemar menghargai saya sebagai seorang atlet lebih dari sebelumnya. Kini banyak penggemar dan orang-orang sering mendekati saya, sorakan dan pengakuan meningkat. Itu bagus, karena saya senang bisa dekat dengan para penggemar. Karena alasan ini, saya sangat bahagia di musim dingin. Saya suka situasi baru ini,” jawab Pecco Bagnaia.

Pecco Bagnaia Nomor 1

Bagaimana Pecco menggambarkan rekan setim barunya Enea Bastianini? “Kami sudah lama saling kenal. Kami sudah bersaing satu sama lain dengan pocket bikes. Bagaimana saya harus menggambarkan Enea? Jawabannya seperti yang dia katakan sendiri, ‘Dia nakal!’ Tidak, aku hanya bercanda. Dia orang yang cerdas, pembalap motor yang sangat kompetitif,” jawab Pecco sambil tertawa.

Tunangan Domizia Castagnini itu menambahkan, “Kami mengejar tujuan yang sama di tahun 2023 dan kami berdua akan memberikan yang terbaik untuk mencapainya. Persaingan di antara kami akan semakin ketat. Tapi kita harus cerdas dan memperlakukan satu sama lain dengan hormat. Kita harus berusaha menjalin hubungan yang baik.”

Untuk Enea Bastianini, Marc Marquez adalah favorit gelar untuk tahun 2023. Siapa gelar favorit Pecco untuk tahun 2023? “Jawaban atas pertanyaan ini, analoginya seperti ini. Saat kita sekolah, kita tentu punya seorang guru. Dan sebelum kelas dimulai, setiap siswa harus absen terlebih dulu. Bagnaia? ‘Saya disini!’ Marquez? ‘Saya disini’!” jawab murid Valentino Rossi itu.

Murid VR46 Academy itu menambahkan, “Ini mirip di MotoGP. Hampir semua orang di MotoGP ingin bertarung untuk meraih kemenangan dan gelar. Mereka punya kesempatan. Tentu saja Marc Marquez juga punya peluang merebut gelar, karena dia tampil bagus tahun lalu. Jika Honda kompetitif, dia akan berada di depan. Jika Honda tidak cukup bagus, dia akan mengalami musim yang sulit karena di era MotoGP saat ini semua motor sangat kompetitif. Kelima pabrikan bisa memenangkan balapan. Levelnya sangat tinggi.”

“Itu sebabnya banyak pembalap yang bisa memperebutkan gelar. Quartararo, Enea, Marc Marque Saya pikir Morbidelli adalah seseorang yang juga harus diperhitungkan. Oliveira akan sangat kompetitif dengan Aprilia. Binder juga akan terlibat di barisan depan. Saya yakin ada pembalap lain lagi yang akan kuat.”

“Yang pasti musim Kejuaraan Dunia ini akan sangat berat dan sulit. Tapi kami adalah juara dunia, tugas dan target kami adalah menjadi lebih baik. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan pencapaian tahun 2022. Dan saya akan memberikan segalanya dalam kapasitas saya,” ujar adik Carola Bagnaia itu.

Pecco tahu betapa sulitnya mempertahankan gelar juara dunia. Strategi apa yang dia gunakan untuk menghadapi tantangan ini? “Misalnya, saya akan berusaha untuk menghindari kesalahan yang saya lakukan di masa lalu. Di satu sisi, saya akan memulai musim dengan pendekatan yang sama seperti sebelumnya. Tidak ada yang akan berubah dalam sikap, mental dan cara berpikir saya,” jawab rider berusia 26 tahun itu.

Pecco Berusaha Tanpa Tekanan

Pecco melanjutkan, “Saya pasti tidak akan hidup di bawah bayang-bayang, bahwa saya sudah menjadi juara dan karena itu saya bisa santai sebagai juara bertahan. Pola pikir saya akan sama seperti tahun 2022 dan selama sisa balapan saya. Meski demikian, saya belajar dari pengalaman tahun lalu dimana saya membuat beberapa kesalahan.”

Tim Ducati 2023

“Kami telah menarik kesimpulan yang diperlukan dari pelajaran ini. Jadi kami berharap untuk memulai musim dalam kondisi yang lebih baik dari tahun lalu. Karena GP23 yang baru tidak akan jauh berbeda dengan mesin pabrikan 2022. Itu sebabnya saya berasumsi bahwa kita bisa memulai dengan hasil bagus di balapan pertama.”

“Kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk hari pertama tes di Malaysia pada bulan Februari. Tapi kita harus menunggu. Jadwal sprint race berbeda dengan tahun 2022. Hal ini dapat menyebabkan perubahan keseimbangan tenaga. Tapi saya cukup percaya diri dan yakin jika kami melakukan pekerjaan dengan baik, kami bisa kembali ke puncak,” pungkas Pecco Bagnaia.

This post was last modified on 24 Januari 2023 12:21

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Honda Beberkan Harga CBR650R dan CB650R 2024 yang Berteknologi E-Clutch

RiderTua.com - Honda CBR650R dan CB650R model 2024 telah resmi diluncurkan oleh Honda Europe dengan sejumlah pembaruan, terutama pada teknologi…

4 Maret 2024

Fermin Aldeguer Pasti Gantikan Jorge Martin di Pramac?

RiderTua.com - Fermin Aldeguer di rumorkan naik kelas MotoGP bersama Pramac untuk menggantikan Jorge Martin yang "pasti' pergi dari tim…

4 Maret 2024

Marc Marquez Bertujuan untuk Mengalahkan Semua Pembalap Ducati?

RiderTua.com - Bagi Marc Marquez musim MotoGP 2024 ini akan menjadi tahun yang sangat penting bagi rider Cervera itu, dan…

3 Maret 2024

Honda Masih Ingin Bertahan di Pasar Mobil Hybrid

RiderTua.com - Apa yang dilakukan Honda saat ini berbeda dengan kompetitornya di Indonesia. Di saat merek lainnya meluncurkan mobil listrik,…

3 Maret 2024

Fabio Di Giannantonio Menantang Bezzecchi: Siapa yang Terbaik di VR46?

RiderTua.com - Fabio Di Giannantonio ingin membuat takjub penggemar MotoGP lagi, kali ini dia ingin mewujudkan misinya di tim VR46. Tim…

3 Maret 2024

Tesla Belum Juga Hadir di Indonesia, BYD Sudah Mulai Berjualan

RiderTua.com - Tesla masih memiliki dominasi cukup kuat di pasar mobil listrik secara global. Namun dalam beberapa tahun terakhir, mereka…

3 Maret 2024