Toyota Hilux Punya Prototype Hidrogen FCEV, Bakal Dijual?

RiderTua.com – Toyota Hilux masih mencatatkan hasil penjualan yang cukup cemerlang di sejumlah negara sejauh ini. Namun karena model ini mengandalkan mesin diesel, mereka mulai terpikir untuk membuat versi ramah lingkungannya. Diketahui Toyota Hilux memiliki model prototype bertenaga hidrogen fuel cell atau FCEV. Mungkin kedengarannya cukup menarik kalau dijual nanti.

Baca juga: Toyota Ingin Mobil Hybrid dan Listrik Sama-sama Dapat Subsidi

Toyota Hilux Memiliki Model Prototype Hidrogen FCEV

Seperti yang diketahui sebelumnya, mobil hidrogen masih cukup langka ditemukan di pasar sejauh ini. Padahal mobil jenis ini bisa menjadi alternatif bagi mobil hybrid atau listrik, atau mereka yang menginginkan mobil ramah lingkungan jenis lainnya. Apalagi baru Toyota dan Honda yang sudah menjual model FCEV.

Toyota sendiri sudah sukses dalam mengembangkan mobil hidrogen FCEV berupa Mirai. Namun mereka ingin teknologi FCEV miliknya dapat dikembangkan untuk model selain sedan. Termasuk SUV dan pikap double cabin, yang menjadi andalan Toyota selama ini, sehingga dihadirkan model prototype FCEV untuk Hilux.

(Toyota Astra Motor)

Listrik Murni dan Hidrogen

Spesifikasinya sendiri tidak dirinci, tapi jika jeroannya sama dengan Mirai, maka tenaga dan torsinya bisa mencapai 182 hp dan 300 Nm. Walau tenaganya melebihi model konvensionalnya yang mencapai 147,5 hp, tapi torsinya hanya selisih 100 Nm. Memang torsinya sedikit lebih rendah, walau tenaga yang dihasilkannya lebih tinggi ketimbang model bensin.

Jarak tempuhnya hanya sejauh 600 km, itupun tergantung dari bobot maupun desain Hilux itu sendiri. Sebab Mirai didesain agar mampu melaju lebih jauh dari itu, serta Toyota memberikannya ‘diet ketat’ agar bobotnya lebih ringan. Jelas agar jarak tempuh suatu mobil hidrogen atau listrik murni lebih jauh lagi, maka bobotnya harus dikurangi.

Namun ini bukan berarti Hilux bakal mendapatkan varian hidrogen fuel cell dalam waktu dekat. Siapa tahu model ini bakal menjadi basis untuk membuat mobil SUV bertenaga hidrogen.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives