Repsol Tetap Bersama Honda, Penandatanganan Joan Mir Tinggal Tunggu Waktu

RiderTua.com – Belum resmi, tetapi akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang bahwa perusahaan Repsol akan memperpanjang kontrak dengan tim pabrikan Honda selama 2 tahun dan Joan Mir akan membalap bersama Marc Marquez untuk musim 2023. “Antara balapan di Red Bull Ring dan di Misano,” tegas salah satu kru yang tidak mau disebutkan namanya. Pernyataan ini menjernihkan tanda tanya yang menggantung selama berbulan-bulan tentang masa depan tim pabrikan Honda.

Repsol Tetap Bersama Honda

Penundaan perpanjangan kontrak antara sponsor utama Repsol dan Honda (kedua perusahaan ini telah bekerja sama sejak 1995) memicu spekulasi bahwa perusahaan minyak mineral asal Spanyol itu dapat digantikan oleh pesaingnya Petronas asal Malaysia. Tapi itu pada akhirnya tidak akan terjadi, livery Honda tidak akan berubah pada tahun 2023 dan 2024.

Akhirnya, siapa yang akan menjadi rekan setim Marc Marquez juga dikonfirmasi, dengan Joan Mir menggantikan Pol Espargaro. Setelah 2 tahun tanpa hasil yang diharapkan, pembalap asal Granollers-Spanyol itu akan meninggalkan Honda dan kembali ke KTM. Sebuah pengembalian yang akan dikonfirmasi secara resmi akhir pekan depan di GP Austria.

Pada tahun 2023, Joan Mir akan menggantikan posisi Pol di pit Tim Repsol Honda. Spekulasi perubahan ini sudah muncul selama beberapa bulan, tetapi hingga detik ini belum ada konfirmasi resmi. Kesepakatan ini diharapkan diumumkan usai GP Spielberg atau sebelum balapan di Misano. Setelah beberapa minggu negosiasi, ketentuan kontrak akhirnya ditetapkan. Rinciannya belum diselesaikan tetapi kecuali ada ‘malapetaka’, pembalap berusia 24 tahun itu akan bergabung dengan Repsol Honda untuk awal musim 2023.

Yang menunda penyelesaian kontrak adalah masalah keuangan. Sementara negosiator Honda mencoba memanfaatkan kelebihan pasokan pembalap di pasar setelah Suzuki mengumumkan pengunduran diri mereka dari kejuaraan dunia, pihak lain mempertahankan status juara dunia dua kali itu. Bahkan, manajernya (Paco Sanchez) pernah mengumumkan bahwa Mir tidak mau menyerahkan gaji minimum jika tidak sesuai dengan resume suksesnya. Alternatifnya adalah menggantung baju balap alias pensiun dan tinggal di rumah.

Pada akhirnya, kedua belah pihak sepakat. Kita tahu Joan Mir adalah pilihan terbaik yang dimiliki HRC dan Honda akan punya dua Juara Dunia MotoGP di tim pabrikan mereka selama 2 musim ke depan, untuk bersama-sama membangun 10 gelar juara dunia secara keseluruhan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: