Seri Perdana MotoGP 2023 di Portimao, Apa Komentar Para Pembalap?

MotoGP RiderTua.com – Sebelum GP Silverstone Dorna mengumumkan, awal musim MotoGP tahun depan tidak akan berlangsung di Qatar seperti biasanya, melainkan di Portimao-Portugal. Karena lintasan balap di Qatar sedang dilakukan pekerjaan konversi ekstensif, termasuk membuat infrastruktur lebih menarik untuk menggelar Kejuaraan Dunia Formula 1. Sehingga balapan MotoGP tidak dapat berlangsung di musim semi (akhir Maret). Jadwal GP Qatar akan mundur di kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor. Bagaimana komentar para bintang MotoGP menanggapi perubahan ini?

Awal Musim 2023 di Portimao, Apa Komentar Para Pembalap?

Balapan pembuka musim akan digelar 24-26 Maret di Autodromo Internacional do Algarve di Portimao. Di GP Silverstone, beberapa pembalap top mengomentari perubahan ini.

Pecco Bagnaia (Ducati-Lenovo) mengatakan, “Kami selalu mengatakan bahwa ketika kita balapan ke Eropa pada awal musim, kita bisa melihat potensi sebenarnya dari para pembalap. Saya ingin tahu apakah ada yang akan berubah sekarang. Tapi saya senang karena saya suka Portimao.”

“Tidak ada yang istimewa bagi saya, karena saya belum lama berada di kejuaraan. Ini hanya trek yang berbeda dan kami tidak balapan di malam hari. Saya suka treknya,” ujar juara dunia MotoGP 2021 Fabio Quartararo antusias.

Aleix Espargaro juga mengomentari perubahan tersebut. Ketika Andrea Dovizioso tidak lagi di lintasan MotoGP, rider berusia 33 tahun itu akan menjadi pembalap paling senior diantara pembalap lain. “Ya, itu akan sangat aneh bagi saya karena Qatar selalu sangat istimewa. Lintasan yang sama sekali berbeda, negara yang berbeda dan balapan di bawah sinar bulan dan lampu, itu selalu menjadi sesuatu yang istimewa. Saya suka Portimo tapi saya akan merindukan Qatar,” kata Aleix.

Alex Rins yang akan pindah dari Suzuki ke LCR-Honda untuk tahun 2023, mengatakan, “Tentu saja akan sedikit berbeda dari biasanya. Saya telah mengikuti kejuaraan dunia balap motor sejak 2012 dan kami selalu balapan ke Qatar seminggu sebelumnya, misalnya untuk mengikuti tes IRTA. Tapi Portimao bagus untuk saya, ini trek yang bagus.”

Bagi Jack Miller, awal musim yang sedikit lebih lambat memainkan peran utama, lokasi balap hanyalah sekunder. “Tanggalnya terlihat bagus, akhir Maret. Itu memberi saya lebih banyak waktu berada di rumah. Saya harap kita belum terbang ke Sepang. Saya masih harus berbicara dengan KTM tentang presentasi tim, kalau tidak saya akan sakit,” ujar pembalap asal Australia itu sambil tertawa, yang akan pindah dari Ducati ke KTM musim depan.

BTW, sebelumnya Dorna telah mengumumkan jadwal tes pramusim Sepang akan digelar sebelum GP Portimo.

Tes pramusim MotoGP 2023:

  • Tes Shakedown: 5-7 Februari
  • Tes Sepang: 10-12 Februari
  • Tes Portimao: 11-12 Maret

MotoGP Musim 2023:

  • 24-26 Maret: GP Portimao

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: