Hukuman Quartararo, Peluang ‘Pak RT’ Menang di GP Silverstone?

MotoGP Inggris 2022 RiderTua.com – Fabio Quartararo memulai paruh kedua musim 2022 dengan hukuman ‘long lap pinalti’ di GP Silverstone. Karena dari sudut pandang Stewards Panel MotoGP FIM, upaya menyalip yang dilakukan rider Yamaha itu ‘terlalu ambisius’. Quartararo tidak dalam posisi untuk menyelesaikan manuver menyalip dengan sukses. Akibatnya, pembalap asal Prancis itu crash dan menyentuh Aleix Espargaro yang harus berbelok sehingga balapannya sangat terpengaruh. El Diablo dan Yamaha secara terang-terangan mengkritik keras hukuman ini. Tetapi faktanya, menurut aturan jenis hukuman ini tidak dapat diganggu gugat. Dan apakah hukuman Quartararo ini juga membuat peluang Aleix ‘Pak RT’ menang dan memimpin klasemen lebih besar? BTW , Quartararo juga tinggal di Andorra, jadi dia adalah warga pak RT Aleix.. sungkem dulu. 😁

Siapa Pemenang GP Silverstone Selanjutnya?

Sementara itu, kini kompetisi memperhitungkan peluang bagus untuk lebih mengurangi jarak dengan Quartararo (pemimpin klasemen) tepat di awal paruh kedua musim (dengan nol poin di Assen sehingga keunggulannya menyusut menjadi 21 poin). Rider berusia 23 tahun itu masih berpeluang menang meskipun harus jalan memutar dan datang di tikungan 14 Sirkuit Silverstone.

Contohnya, Jack Miller yang harus menjalani long lap pinalti di Sachsenring karena crash di FP4 saat bendera kuning berkibar. Meskipun demikian, pembalap pabrikan Ducati itu masih bisa finis di posisi ke-3 di belakang Quartararo dan Zarco. Zarco sendiri sempat naik podium di Brno pada 2019, meski juga terkena long lap pinalti.

Namun, statistik berbicara bahwa sejak 2013 selalu ada pemenang berbeda dalam balapan MotoGP di Inggris:

  • 2013: Jorge Lorenzo (Yamaha)
  • 2014: Marc Marquez (Honda)
  • 2015: Valentino Rossi (Yamaha)
  • 2016: Maverick Vinales (Suzuki)
  • 2017: Andrea Dovizioso (Ducati)
  • 2018: tidak ada balapan
  • 2019: Alex Rins (Suzuki)
  • 2020: tidak ada balapan
  • 2021: Fabio Quartararo (Yamaha)

Dengan runner-up Aleix Espargaro, Pecco Bagnaia, Enea Bastianini dan rider lainnya, ada beberapa kandidat kuat yang akan melakukan semua yang mereka bisa untuk melakoni race 20 lap di sirkuit Silverstone akhir pekan ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page