Mobil LCGC Catatkan Kenaikan Penjualan, Sigra Makin Perkasa!

MOBIL RiderTua.com – Mobil LCGC masih mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus sepanjang tahun ini. Sepanjang semester pertama tahun ini, tercatat 76.802 unit mobil yang terjual, naik 3,36 persen dari periode sebelumnya pada tahun lalu. Gelar mobil LCGC terlaris kini dipegang oleh Daihatsu Sigra. Sehingga menjadikannya unggul dari ‘juara bertahan’ di kelasnya, yaitu Honda Brio Satya.

Baca juga: Toyota Masih Memimpin Penjualan Mobil di Indonesia!

Mobil LCGC Terlaris Kini Dipegang Oleh Sigra

Penjualan mobil LCGC memang mengalami kenaikan yang cukup tipis, karena hanya naik sebesar 3,36 persen saja. Berbeda dengan penjualan mobil di Indonesia secara keseluruhan yang meningkat 20,8 persen. Tapi setidaknya ini dapat memberikan hasil yang cukup bagus bagi produsen di Tanah Air.

Jika biasanya Brio Satya yang menduduki penjualan mobil di kelasnya, kini posisi tersebut direbut oleh Daihatsu Sigra. LCGC 7-seater ini mencatatkan hasil penjualan sebesar 21.190 unit sepanjang semester pertama tahun 2022. Hasil tersebut membuatnya unggul tipis dari LCGC Honda tersebut, dimana Brio Satya hanya mampu menjual 20.646 unit.

(Honda Indonesia)

Banyak Penyegaran

Selanjutnya ada kembaran Sigra, yaitu Toyota Calya, dengan meraih hasil sebesar 16.465 unit. Disusul oleh mobil kembar lainnya seperti Daihatsu Ayla-Toyota Agya, masing-masing mampu menjual hingga 9.298 unit dan 9.212 unit. Memang hanya ada lima model LCGC yang bertahan sampai sekarang, dengan Suzuki Karimun Wagon R yang sudah tidak dijual lagi.

Penjualan mobil LCGC sejauh ini mengalami perlambatan akibat adanya krisis chip semi-konduktor yang berkepanjangan. Selain itu, penetapan tarif baru untuk PPN juga menjadi penyebab lainnya, karena ini membuat harga jual mobil menjadi lebih mahal. Meskipun kenaikannya cukup tipis, tapi itu sudah membuat harganya jauh berbeda dari sebelumnya.

Tapi setidaknya pasar mobil LCGC masih berkembang dengan baik sejauh ini. Apalagi model seperti Sigra dan Calya sudah mendapatkan penyegaran, dan ditargetkan dapat meningkatkan penjualannya hingga akhir tahun ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page