Suzuki Baleno di Indonesia, Dulu dan Sekarang

SUZUKI RiderTua.com – Suzuki dipastikan akan membawa dua mobil baru pada pameran GIIAS 2022. Selain S-Presso, model anyar lainnya yang bakal dirilis kemungkinan kuat berupa Baleno Facelift. Pada akhirnya Suzuki Baleno mendapatkan penyegaran setelah sekian lama dijual di Indonesia. Memang karena sebenarnya Baleno sudah lama hadir di Tanah Air.

Baca juga: Suzuki akan Hadirkan Dua Mobil Baru di GIIAS 2022, Ada S-Presso?

Suzuki Baleno Mendapatkan Penyegaran Setelah Sekian Lama

Walau terlihat sebagai hatchback di era modern, sebenarnya Baleno sudah lama dijual oleh Suzuki di Indonesia. Namun pada awal kehadirannya tahun 1995 silam, Baleno masih dikenal sebagai mobil sedan, bukan hatchback. Saat itu model ini ditenagai oleh mesin 1.600 cc enam silinder dengan transmisi manual lima percepatan.

Mesin enam silinder saat itu disebut sudah cukup untuk memberikan tenaga maksimal bagi Baleno. Sekitar lima tahun kemudian, model ini berubah menjadi Baleno Millenium dengan mesin berkapasitas lebih kecil, yaitu 1.500 cc. Desainnya juga dibuat lebih membulat, tidak seperti sebelumnya yang cenderung mengotak.

(Carvaganza)

Mobil Hatchback

Kemudian tahun 2003 dihadirkan Baleno Next-G yang kini menghadirkan interior dengan model digital. Selanjutnya di tahun 2008, Suzuki merilis Neo Baleno, dan sekaligus model ini menandai akhir dari perjalanan model klasik ini. Sebab dua tahun setelahnya, Suzuki menghentikan penjualannya karena kurang laku.

Namun setelah absen selama tujuh tahun, Baleno kembali hadir di Indonesia, tapi kali ini sebagai mobil hatchback. Didatangkan langsung dari India, model ini menjadi penggantinya Swift yang sudah disuntik mati. Baleno Hatchback hanya mendapatkan facelift sekali pada tahun 2019, dan nantinya akan disegarkan lagi.

Jadi bisa dikatakan kalau Baleno menjadi salah satu mobil lawas Suzuki yang masih bertahan sampai sekarang. Walau model ini berganti dari sedan menjadi hatchback.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page