Hyundai Staria dan Penjualannya Sejauh Ini di Indonesia

HYUNDAI RiderTua.com – Hyundai kini menawarkan lebih banyak pilihan MPV di Indonesia, salah satunya Staria. Mobil MPV kelas premium ini dirilis tahun lalu untuk menjadi lawan baru bagi Toyota Alphard. Namun penjualan Hyundai Staria sejauh ini masih di bawah 300 unit. Walau ini bukanlah awal yang buruk, mengingat Staria masih menjadi mobil baru di kelasnya.

Baca juga: Hyundai Stargazer Usung Mesin 1.500 cc, Mesinnya Creta

Hyundai Staria Terjual Kurang Dari 300 Unit

Staria dihadirkan untuk menjawab tantangan di pasar MPV dari Hyundai. Memang selama ini mereka jarang memasuki segmen tersebut, kecuali mereka mengandalkan model seperti Starex atau H1. Walau mobil MPV boxy ini tidak terlalu diarahkan ke segmen mobil penumpang, melainkan mobil niaga.

Sehingga Hyundai menghadirkan Staria untuk mengisi pasar MPV yang lebih tinggi. Sejak diluncurkan pada tahun lalu, model ini sudah terjual hingga 237 unit sepanjang tahun 2021. Kemudian sepanjang periode Januari hingga Juni 2022, Staria sukses menjual 153 unit mobil di Tanah Air.

(Carscoops)

Model Baru

Sebenarnya penjualan yang didapat Staria masih belum dapat menungguli rival beratnya, yaitu Toyota Alphard. Model ini bisa terjual lebih dari 3 ribu unit selama tahun 2021, dan 1,6 ribu unit pada periode Januari-Juni 2022. Jika melihat dari penjualannya, selisihnya sangat jauh, menunjukkan kuatnya dominasi Alphard di segmen MPV premium.

Mungkin ini cukup wajar, mengingat Toyota sudah memiliki dominasi yang sangat kuat di hampir seluruh segmen mobil di Indonesia. Selain itu, Staria masih terbilang baru di pasarnya, sehingga penjualannya masih cukup sedikit. Walau setidaknya model ini pada akhirnya membawa Hyundai untuk menyasar segmen lainnya.

Hyundai kini menghadirkan Stargazer yang memiliki kemiripan dengan Staria jika dilihat dari tampilannya. Walau modelnya lebih kecil, setidaknya Stargazer masih mengusung fitur mumpuni.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page