Valentino Rossi Enggan Menjadi ‘Ketua Serikat’ Pembalap

Valentino Rossi RiderTua.com –  Andrea Dovizioso berbicara tentang asosiasi pembalap, atau secara mudahnya serikat atau perkumpulan yang memperjuangkan nasib pembalap MotoGP (upah, kontrak atau ketidak adilan yang menimpa pembalap) dan rupanya ide untuk menjadikan Valentino Rossi sebagai ‘ketua’ selalu ada, meski akhirnya tidak pernah terwujud. Hingga terakhir pensiun, Vale selalu ingin bersenang-senang dengan dunia balap katanya, tidak mau repot dan serius dengan masalah rumit. Di ajang balap lain ada persatuan pembalap semacam itu yang disebut GPDA (Grand Prix Drivers’ Association) di balap mobil F1 yang dipimpin oleh mantan pembalap Alexander Wurz, pembalap mobil lebih kompak. Hal lain yang sehubungan dengan perlindungan terhadap pembalap menurut Andrea Dovizioso adalah peran Komisi Keselamatan.

MotoGP sudah kehilangan seorang veteran seperti Valentino Rossi di akhir musim lalu, nasib yang sama akan dialami Andrea Dovizioso di penghujung musim ini. Kedua pembalap Italia itu berbagi garasi di Petronas SRT, mungkin menyadari bahwa era mereka sekarang tinggal kenangan. Terlalu banyak perubahan yang dialami di kelas utama dalam beberapa tahun terakhir, dari pemasok ban tunggal hingga unit kontrol (ECU) yang diseragamkan, dari aerodinamika hingga perangkat penurun ketinggian motor. MotoGP akan kehilangan dua karakter historisnya..

Di MotoGP ada asosiasi pabrikan MSMA dan asosiasi tim IRTA serta asosiasi motor dunia FIM dan promotor Dorna. Tapi tidak ada asosiasi yang bisa melindungi pembalap. GPDA telah ada di Formula 1 selama beberapa dekade, di mana saat ini dipimpin oleh mantan pembalap Alexander Wurz, yang memungkinkan pembalap untuk berkoordinasi satu sama lain dalam menghadapi masalah-masalah penting dan mengajukan tuntutan dalam negosiasi dengan satu suara, mungkin bisa untuk melawan korporasi ataupun ‘tangan kuat’ lainnya. Hal serupa tidak ada di MotoGP, bahkan hal ini telah dibahas beberapa kali untuk menemukan asosiasi semacam itu yang dapat melindungi pembalap misalnya untuk masalah gaji, kontrak, dll. Beberapa bahkan telah mengusulkan Valentino Rossi sebagai ‘manajer umum’ tetapi idenya selalu tetap menjadi sebuah wacara, tidak pernah terwujud.

Safety Commission in MotoGP atau Komisi Keselamatan MotoGP
Safety Commission MotoGP atau Komisi Keselamatan MotoGP

Komisi Keselamatan MotoGP

Namun hal yang bisa melindungi pembalap dalam cakupan terbatas dalam balapan adalah Komisi Keselamatan yang rutin mengadakan pertemua setiap Jumat sore selama akhir pekan balapan MotoGP. Partisipasinya adalah opsional atau tidak wajib, tetapi harus diakui bahwa mayoritas pembalap biasanya selalu hadir, seperti Aleix Espargarò yang rajin sebagai Pak RT.😁.. Namun apakah Komisi Keselamatan bisa memenuhi semua permintaan pembalap?.. Dovi menjawab, “Ini (Komisi keselamatan) membawa banyak manfaat.. Tentu saja selalu ada ruang untuk perbaikan, tetapi itu produktif. Memang benar kami tidak ada rapat eksekutif dan kami tidak selalu membicarakan hal-hal penting”.

Dan faktanya dulu, Valentino Rossi menolak menjadi juru bicara rekan-rekan sesama pembalapnya.. “Saya bisa mengerti Valentino.. Saya mengerti bahwa dia melakukan apa yang dia lakukan untuk bersenang-senang, dia tidak peduli dengan hal-hal ini,” pungkas Dovi saat wawancara dengan media motorsport-total…

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page