Selamat dari ‘Badai Honda’, Pengembangan RCV Pakai Data Marquez

Repsol Honda Team RiderTua.com – Marc Marquez meninggalkan beberapa masukan penting bagi Honda sebelum menjalani operasi. Jeda musim panas MotoGP akan digunakan tim sayap emas itu untuk merombak sasis RC213V. Sambil menunggu Marc Marquez comeback ke MotoGP, Honda mengerjakan evolusi RC213V yang terbukti tidak berhasil di paruh pertama musim. Tidak ada waktu untuk bersantai atau ‘selonjoran di sofa’ di liburan musim panas bagi para insinyur Honda, yang harus memperbaiki beberapa kesalahan sejak awal musim lalu. Memang mereka berhasil memberikan grip yang lebih banyak di bagian belakang, tetapi sebagai gantinya justru bagian depan (front end) memburuk.

Dan kali ini keluhan bukan hanya dari para pembalap Honda yang biasanya, tetapi Marc juga. Sebelum balapan terakhir di Mugello, Marquez memberikan umpan balik yang tepat kepada orang-orang HRC, di musim panas dia diharapkan akan kembali ke pit untuk memahami sampai di mana pengembangannya. Sementara semua pembalap Honda mungkin kocar-kacir keluar atau dikeluarkan dari HRC dan hanya Marquez yang selamat dari badai yang terjadi di Honda..

Masalah dari RC213V 2022

Marc Marquez bisa saja melewatkan balapan Mugello tanpa terlalu banyak masalah, begitu dia mendengar berita tentang operasi yang akan datang selama latihan bebas hari Jumat. Sebaliknya, dia lebih suka melanjutkan sampai balapan hari Minggu, bukan karena masalah komitmen pribadi atau peringkat, melainkan untuk mengumpulkan data berguna lainnya untuk tahun depan. Kekuatan sebenarnya dari paket Honda-Marquez selalu berada di tikungan, tetapi dengan prototipe baru 2022, fitur ini telah berkurang. “Hal-hal tidak berjalan seperti yang diharapkan.. Ini adalah saat buruk yang harus kita hadapi dan atasi. Kami tahu itu tidak akan bertahan selamanya dan saya harap kami akan kembali ke hasil yang biasa dilakukan tim Repsol Honda,” kata manajer tim Alberto Puig.

Pembaruan sasis

Setelah operasi, Marc Marquez membutuhkan setidaknya tiga bulan untuk recovery. Terlalu cepat turun balapan pada bulan September bisa menjadi risiko, keputusan terakhir akan diserahkan pada dokter yang telah mengoperasinya dan akan mengikuti rehabilitasi selangkah demi selangkah. Sebelum kalimat OK dari dokter muncul, dia tidak akan kembali ke jok RC213V, tapi tidak ada keraguan lagi bahwa kita akan melihatnya lagi sebelum musim ini berakhir. Kehadirannya sangat penting untuk evolusi motor 2023, sementara itu tidak ada hasil yang memuaskan dari trek. Di Sachsenring tidak ada pembalap Honda yang mencapai zona poin, di GP Assen tidak ada pembalap yang masuk sepuluh besar. Perhatian diberikan pada frame, solusi yang harus dipertimbangkan sebelum Agustus. “Kami memiliki dua atau tiga pilihan (sasis). Selama liburan musim panas kita harus membuat keputusan,” kata Alberto Puig selama akhir pekan di GP Belanda.

Line-Up Honda untuk musim MotoGP 2023

Sementara itu, sejumlah pertanyaan mengenai pembalap Honda harus dikonfirmasi. Kepergian Alex Marquez resmi sudah dan dia telah menandatangani kontrak dengan Gresini Racing. Dua bersaudara Marquez berpisah setelah tiga musim berbagi atap di bawah naungan HRC, beberapa orang berpikir Alex hampir tak tersentuh dan tak mungkin akan dilengserkan dari Honda… Sebaliknya dia sendiri yang meminta untuk pindah tim dan mengubah suasana, dia mengatakan merasa lelah dengan masalah beradaptasi dengan motor Jepang itu.

Nasib yang sama akan menimpa Pol Espargaro, yang diperkirakan akan kembali ke KTM dengan tim satelit Tech3. Joan Mir akan menggantikannya, dengan Alex Rins di LCR. Akhirnya Taka Nakagami harus menyerahkan kursinya kepada Ai Ogura yang lebih muda dan menjanjikan. Tapi Alberto Puig lebih memilih cara menunggu sebelum pengumuman akhir, karena bisa saja Ogura menunggu semusim lagi agar lebih matang. Dengan demikian Marc Marquez akan menjadi satu-satunya pembalap yang selamat dari badai yang terjadi di Honda.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page