Alberto Puig: Iker Lecuona Tidak Akan Menggantikan Marc Marquez

RiderTua.com – Karena Marc Marquez cedera, tes rider HRC (Honda Racing Corporation) Stefan Bradl menggantikannya hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. Hal ini seperti yang terjadi pada musim 2020, dimana pembalap asal Jerman itu juga menggantikan Marc dalam 12 seri. Dan di musim 2021, di dua balapan di Qatar serta Portimao. Untuk musim ini, Juara Dunia MotoGP 6 kali itu diperkirakan akan melakukan comeback di pertengahan September di Aragon (18 September) atau paling lambat pada bulan Oktober nanti. Mengenai rumor bahwa Iker Lecuona akan menunggangi Honda RC213V menggantikan Bradl, manajer tim Repsol Honda Alberto Puig membantahnya.

Bradl menggantikan Marc yang cedera, namun bagaimana jika dia juga cedera, “Jika Stefan crash atau cedera, kami tidak punya pembalap kedua. Maka saya tidak tahu apa yang akan kami lakukan. Tapi sekarang itu bukan rencana kami, untuk membawa Iker ke MotoGP. Kami tidak memikirkannya. Berita Iker akan gantikan Bradl itu hanya isu,” kata Puig.

Alberto Puig: Iker Lecuona Tidak Akan Menggantikan Marc Marquez

Tapi Stefan Bradl belum mencetak poin di empat balapan musim ini. Karena di Jerez dan Barcelona, pembalap berusia 32 tahun itu crash dalam balapan. Lalu di Termas de Río Hondo-Argentina dia hanya finis ke-19 (kalah 31,9 detik), dan di Sachsenring dia menyelesaikan 30 lap di posisi 16 (kalah 52 detik).

Akibatnya, muncul spekulasi di media Spanyol bahwa pembalap Superbike Honda Iker Lecuona kemungkinan akan menggantikan Bradl, pada akhir pekan bebas balapan. Spekulasi ini didorong oleh fakta bahwa, hanya akan ada dua balapan SBK di bulan Juli yakni di Donington (17 Juli) dan Most (31 Juli). Tetapi hingga Magny-Cours (11 September) tidak ada tanggal yang tumpang tindih dengan balapan MotoGP. Secara teoritis pembalap berusia 22 tahun itu bisa menyelesaikan semua balapan MotoGP hingga GP Aragon (18 September).

Namun manajer tim Repsol Honda, Albert Puig yang juga bertanggung jawab atas proyek Superbike di Honda Racing Corporation (HRC), membantah rumor tersebut. “Tidak, itu hanya isu. Iker Lecuona telah direkrut oleh Honda untuk kejuaraan lain. Iker terjun di Superbike dan dia tidak tampil buruk di sana, dia berada di peringkat 5 dalam klasemen. Tentu saja jika Stefan crash atau cedera, kami tidak punya pembalap kedua,” tegas manajer Honda berusia 55 tahun itu.

Tidak Punya Rencana

“Maka saya tidak tahu apa yang akan kami lakukan. Tapi sekarang itu bukan rencana kami, untuk membawa Iker ke MotoGP. Kami tidak memikirkannya. Tidak ada yang salah dengan membiarkan Iker ambil bagian dalam tes MotoGP pribadi. Pembalap pengganti juga mungkin dibutuhkan di LCR. Tapi kami tidak punya rencana melakukan tes MotoGP dengannya dalam waktu dekat,” imbuh pria asal Spanyol itu.

Iker Lecuona berlaga di MotoGP pada musim 2020 dan 2021 untuk Tech3-KTM. Dia mencapai hasil terbaiknya pada tahun 2021 dengan finis di tempat ke-6 di Spielberg dan finis ke-7 di Silverstone dengan KTM RC16. Dia menyelesaikan musim 2020 dan 2021 sama-sama di peringkat ke-20 secara keseluruhan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page