Aleix Espargaro: Podium Lepas, Masalah Ban!

RiderTua.com – Menjelang seri ke-10 MotoGP di Sachsenring, Aleix Espargaro dengan sangat pedenya menghitung dirinya sebagai favorit. Namun, masalah pada ban depan membuat podiumnya ambyar dengan selisih 0,8 detik. Pada hari Sabtu, Joan Mir sudah melaporkan masalah besar pada ban depan Suzuki GSX-RR-nya. Karena besarnya getaran, bahkan dia tidak bisa melewati posisi ke-12 di kualifikasi. “Setelah mengganti ban depan di grid, bagian depan motor bergetar kuat sejak lap pertama. Itu sangat mengganggu saya karena saya tidak punya waktu untuk mengganti ban. Ban mulai bermasalah,” kata Aleix menjelaskan masalah utama dalam balapan MotoGP di Sachsenring.

Aleix Espargaro: Podium Lepas, Masalah Ban

Usai balapan, Aleix sangat kesal saat ditanya mengenai masalah ini. “Masalah ban ini menimpa 7 pembalap pada hari Jumat dan Sabtu termasuk Joan Mir. Saya tidak pernah mengalami masalah ini sebelumnya, ban saya selalu sempurna. Sekarang ini luar biasa. Di 6 atau 7 lap pertama saya bisa mengkompensasi semuanya dengan ban belakang yang baru, tapi setelah itu tidak mungkin,” jelas pembalap berusia 32 tahun itu yang kini jarak selisih poinnya semakin jauh dari pemuncak klasemen Fabio Quartararo (Yamaha) menjadi 34 poin.

“Saya terkejut, meski bermasalah dengan ban depan, podium masih dalam jangkauan saya sepanjang balapan. Dalam balapan saya beberapa kali berpikir bahwa saya harus menyerah. Setidaknya itu cukup untuk finis di tempat ke-4. Tapi kami akan punya potensi untuk finis di tempat ke-2,” imbuh pembalap Aprilia itu.

Apakah juga karena masalah ban yang akhirnya membuat Jack Miller menempati posisi ke-3? “Pengereman di akhir balapan sepenuhnya salah saya. Saya mencoba sepanjang waktu untuk menutup racing line dan mengerem lurus untuk berakselerasi sebanyak mungkin. Jadi saya tidak bisa memanfaatkan kekuatan kecepatan menikung Aprilia. Kami harus menganalisis kecepatan saya, saya pasti berjalan sangat lambat,” pungkas Aleix Espargaro.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page