Toyota Indonesia Belum Lakukan Recall Land Cruiser 300?

RiderTua.com – Toyota sempat mengumumkan penarikan terhadap Land Cruiser 300 di Filipina beberapa waktu lalu. Ini dilakukan setelah ditemukan masalah pada software vehicle stability control atau VSC. Dikhawatirkan Toyota juga bisa melakukan hal serupa di negara tetangga seperti Indonesia. Walau sampai sekarang Toyota belum berkoordinasi dengan pihak prinsipal.

Baca juga: Toyota Recall Land Cruiser 300 Akibat VSC Bermasalah!

Toyota Belum Umumkan Recall Land Cruiser 300 di Indonesia

Land Cruiser model 300 ini memang masih terbilang baru di pasar, meskipun baru hadir setahun di pasar global. Kecuali di Indonesia, dimana mobil SUV full-size tersebut baru dihadirkan pada tahun ini, tepatnya pada bulan Januari 2022 lalu. Meskipun konsumen yang ingin membeli mobil harus mengantri cukup lama.

Namun belakangan ini muncul kabar dari Filipina mengenai Land Cruiser 300 yang dijual disana memiliki masalah pada fitur vehicle stability control. Masalah tersebut diakibatkan oleh kesalahan pada software-nya, dimana VSC tidak kembali aktif saat mesin mobil dimatikan. Tentu ini akan sangat membahayakan jika mobil tengah dikendarai di jalan, sebab VSC cukup berguna untuk mencegah oversteer maupun understeer.

(Motor1)

Tunggu Arahan Dari Prinsipal

Yang lebih mengkhawatirkannya lagi, semua Land Cruiser yang dijual di luar negeri diproduksi di Jepang. Tentunya ini memunculkan adanya potensi recall besar-besaran di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia, dimana model ini baru diluncurkan pada awal tahun ini.

Meskipun begitu, Toyota Astra Motor (TAM) sendiri belum mendapatkan informasi recall Land Cruiser 300 dari pihak prinsipal. Walau demikian, mereka akan terus berkomunikasi dengan prinsipal, dan untuk saat ini mereka menunggu arahan melakukan recall. Toyota juga akan terus memantau apakah ada konsumen yang mengeluhkan masalah pada mobilnya tersebut.

Sejauh ini belum ada laporan mengenai masalah VSC pada Land Cruiser 300 di Tanah Air, setidaknya untuk sekarang. Toyota harus bersiap jika mendapat arahan untuk melakukan recall.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page