Penjualan Mobil Turun 15,9 Persen, Pasar Belum Stabil

RiderTua.com – Penjualan mobil bulan April lalu mengalami penurunan yang tak biasa. Sebab dengan adanya musim mudik Lebaran yang kembali diadakan seharusnya bisa meningkatkan penjualannya. Namun sepertinya penjualan mobil masih tetap menurun hingga 15,9 persen. Sehingga membuat produsen harus mencari cara untuk meningkatkan kembali hasil penjualan mobilnya.

Baca juga: Toyota Bisa Pertahankan Gelar Merek Mobil Terlaris Tahun Ini?

Penjualan Mobil Tetap Menurun Hingga 15,9 Persen

Memang momen libur Lebaran biasanya menjadi momen yang tak boleh dilewatkan oleh produsen mobil di Indonesia. Sebab mereka dapat menjual lebih banyak mobil jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Namun nampaknya ini tak memberikan pengaruh besar pada penjualan mobil.

Terbukti dengan penurunan penjualan hingga 15,9 persen pada bulan lalu, lebih besar dari yang diperkirakan. Meskipun mudik sudah diperbolehkan, namun adanya krisis chip semi-konduktor membuat produksi mobil menjadi terganggu. Apalagi dengan keadaan pasar yang belum sepenuhnya memulih.

(Suzuki Indonesia)

Bisa Memulih, Tapi…

Suzuki menjelaskan kalau masih ada penyebab lainnya dari penurunan penjualan mobil bulan lalu selain krisis chip dan kondisi pasar. Diperbolehkannya mudik setelah dua tahun lamanya membuat masyarakat lebih fokus untuk segera pulang ke kampung halaman. Sehingga mereka tak punya waktu untuk membeli mobil saat itu.

Kemudian dengan insentif PPnBM yang sudah berakhir masa berlakunya, ditambah dengan dinaikkannya PPN hingga 11 persen, membuat harga mobil menjadi semakin mahal. Suzuki agak khawatir kalau keadaan ini takkan bisa membuat penjualan bisa kembali pulih dengan cepat. Apalagi krisis chip sudah mempengaruhi produksi dan distribusi mobil.

Walau demikian, sejumlah produsen masih percaya diri dengan hasil yang didapatkannya sejauh ini. Ke depannya, mereka akan mencari cara untuk meningkatkan penjualannya lebih jauh lagi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page