Honda dan Yamaha yang Kini Terdampak Krisis Chip

RiderTua.com – Honda dan Yamaha boleh dibilang menjadi merek sepeda motor yang memiliki dominasi cukup kuat di Indonesia. Bagaimana tidak, keduanya juga bersaing untuk bisa menjadi yang nomor satu di pasar roda dua. Namun kini Honda dan Yamaha dihadapkan dengan krisis chip semi-konduktor yang terus terjadi sampai sekarang. Sehingga membuat produksinya menjadi terganggu.

Baca juga: Honda Hadirkan Tapas 100 2022, ‘Saudaranya Scoopy’

Honda dan Yamaha Dihadapkan Dengan Krisis Chip

Sebenarnya Honda yang lebih dulu terkena dampak dari krisis tersebut, sehingga menyebabkan gangguan pada produksi sepeda motornya. Tapi ternyata tak hanya produksi roda duanya saja yang terdampak, tetapi juga produksi mobil. Ini sudah membuat Honda pusing karena harus dihadapkan dengan dua masalah sekaligus.

Namun ternyata Honda tak sendiri, karena ada satu lagi produsen sepeda motor yang terkena dampak krisis ini. Produsen tersebut adalah Yamaha, yang melaporkan produksinya mulai terganggu akibat terbatasnya stok chip-nya. Padahal komponen tersebut dibutuhkan untuk memproduksi sejumlah motor.

(Pikiran Rakyat)

Produksi Terganggu

Keduanya mengalami masalah serupa, yaitu jenis motor yang terganggu akibat krisis ini berupa motor matik. Padahal motor jenis ini menjadi andalan bagi Honda dan Yamaha selama beberapa tahun terakhir. Jika produksinya terganggu, maka proses distribusinya ikut terganggu dan bisa mempengaruhi hasil penjualannya.

Baik Honda maupun Yamaha tengah mencari solusi untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Walaupun mereka harus mendapat banyak permintaan dari konsumennya akan produk motor matiknya. Memang mereka tak bisa menyelesaikannya dengan cepat, apalagi dampak dari krisis ini bersifat global.

Penjualan sepeda motor bulan Februari tahun ini sempat terganggu, begitupun dengan di bulan April. Tapi setidaknya di bulan-bulan setelahnya penjualannya menunjukkan pemulihan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page