KTM Pernah Berencana Beli Ducati, Kenapa Sekarang Tidak Beli Suzuki Aja?

RiderTua.com – KTM (yang sebenarnya Tim Sultan) dulu pernah berencana membeli Ducati, kenapa sekarang tidak tebus Suzuki aja?. Fakta, dalam 10 tahun terakhir, CEO Stefan Pierer tidak hanya membeli Husqvarna tetapi juga GASGAS. Selain itu dia juga beberapa kali bernegosiasi dengan Grup Volkswagen tentang pembelian Ducati. Lalu tidak bisakah pabrikan motor terbesar di Eropa itu membeli merek Suzuki yang sedang ‘sakit’, atau setidaknya semua teknologi MotoGP dengan mesin inline-4 GSX-RR?.. Saat ditanya wartawan, Pit Beirer (Direktur Olahraga KTM) terdiam selama beberapa detik dan kemudian menjawab apa yang diinginkan Stefan Pierer (sang CEO KTM)..

FYI, perusahaan Pierer (Pankl) juga menyuplai teknologi untuk Suzuki GSX-RR loh.. Beberapa teknologi Suzuki ibarat ‘dibantu’ KTM melalui perusahaan teknik Pankl Racing Systems AG yang merupakan anak perusahaan dari KTM Industries AG (pemasok komponen racing, MotoGP, Formula-1 dan kedirgantaraan Austria)..

“Stefan Pierer suka mengembangkan dan membuat motornya sendiri,” kata Pit Beirer.. BTW, pada Juni 2018 Pierer Industrie AG yang berbasis di Wels-Austria, meningkatkan kepemilikan sahamnya di Pankl Racing Systems AG menjadi 98,2 persen. Namun, sejak 2016 Pierer sudah menjadi pemegang saham utama di Pankl, ketika perusahaan teknik di Styria ini membuat Suzuki tidak kompetitif dengan mesin in-line atas nama pabrikan asal Jepang itu.

Banyak part untuk motor balap KTM diproduksi hingga saat ini di Pankl Racing. Pankl Racing adalah mitra teknologi KTM di MotoGP.. Sebagai pemasok komponen racing dan kedirgantaraan Austria, Pankl Racing Systems AG menjadi anak perusahaan dari KTM Industries AG. Di mana sekarang mempunyai cabang luas di Slovakia, Jerman, Inggris, AS, dan Jepang..

Pankl sudah memproduksi beberapa komponen mesin dengan presisi tinggi dan transmisi daya untuk banyak tim Formula 1. Dan suku cadang transmisi untuk motor KTM selama bertahun-tahun dengan omset 200 juta euro…

Pankl, didirikan oleh mantan pembalap Gerold Pankl, yang juga merupakan mitra teknologi penting dalam proyek MotoGP KTM dan kelas Moto3. Komponen yang juga diproduksi di Pankl adalah proyek untuk BMW Superbike World Championship.

Pankl Racing- Stefan Seidl (Pankl CTO), Wolfgang Plasser (Pankl CEO), Pit Beirer (KTM Motorsport Director), Matthias Walkner, Christoph Prattes (Pankl COO), Stefan Pierer (KTM CEO), Heinz Kinigadner
Pankl Racing- Stefan Seidl (Pankl CTO), Wolfgang Plasser (Pankl CEO), Pit Beirer (KTM Motorsport Director), Matthias Walkner, Christoph Prattes (Pankl COO), Stefan Pierer (KTM CEO), Heinz Kinigadner

jadi selain menjabat sebagai bos KTM, Stefan Pierer juga sebagai ketua dewan pengawas di Pankl… Pada 2018, Pierer menguasai sekitar 95% saham di Pankl Racing Systems AG melalui KTM Industries AG dan Immobilien GmbH miliknya.

“Manufaktur aditif akan merevolusi banyak proses manufaktur.. Sebagai perusahaan teknologi tinggi, Pankl memiliki kompetensi metalurgi dan kebutuhan untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan lebih lanjut teknologi ini,” kata Stefan Pierer.

Suzuki seharusnya bisa diselamatkan.. BTW, Maverick Vinales meraih kemenangan balap pertama dengan GSX-RR di Silverstone 2016 (memulai debutnya di Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2015) pada penampilan kedua dengan mesin ini yang dimodifikasi di Austria.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page