Para Juara Dunia yang Mengkhawatirkan Kontraknya

RiderTua.com – Para Juara Dunia yang mengkhawatirkan kontraknya, meskipun pernah menyandang gelar dunia, posisinya tidak ‘auto-aman’.. Setidaknya hanya 4 pembalap pabrikan MotoGP yang tidak perlu lagi mengkhawatirkan masa depan jangka menengah mereka. Karena Marc Marquez, Pecco Bagnaia, dan Brad Binder telah memperpanjang kontrak mereka hingga akhir 2024. Sementara Franco Morbidelli hingga akhir 2023. Dan kontrak pabrikan Yamaha dengan Fabio Quartararo habis pada akhir musim ini. Namun pada hari Jumat di GP Jerez, dipastikan bahwa pemimpin klasemen sekaligus juara dunia 2021 itu akan tetap menjadi pembalap nomor 1 di Tim pabrikan Yamaha selama 2 tahun ke depan.

Beberapa pembalap papan atas yang notabene adalah para mantan juara dunia, masih harus mengkhawatirkan kursi mereka di MotoGP untuk tahun 2023. Misalnya: Pol Espargaro, Alex Marquez, Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales. Sedangkan Joan Mir (Suzuki) akankah bergabung dengan Honda?

Para Juara Dunia yang Mengkhawatirkan Kontraknya

Dan inilah situasi tim MotoGP untuk tahun 2023:

Repsol Honda : Kontrak Marc Marquez masih berlaku hingga 2024, sementara Pol Espargaro belum mengamankan kontraknya. Kemungkinan, juara dunia 2020 Joan Mir akan menggantikannya setelah Suzuki mundur dari MotoGP.

LCR-Honda: Sejauh ini Alex Marquez dan Takaaki Nakagami tampil mengecewakan, sehingga Jack Miller yang pernah membalap untuk LCR pada 2015 berpeluang kembali. Khususnya Nakagami, posisinya dalam bahaya meskipun dia finis di posisi ke-7 di Jerez namun mengalami cedera pada tes hari Senin. Rumornya, pembalap Moto2 Ai Ogura menjadi kandidat untuk menggantikannya. “Dengan Alex kami punya rencana untuk menambah 2 tahun. Kami berharap Alex akan meningkat di balapan berikutnya,” ujar sang pemilik tim Lucio Cecchinello. Alex Marquez yang merupakan Juara Dunia Moto2 2019 itu finis di posisi ke-7 di Portugal, tetapi dia hanya finis ke-13 di Jerez dan menjadi pembalap Honda terbaik ke-4. BTW, LCR sudah memperpanjang kontrak dengan HRC hingga akhir 2024.

Monster Yamaha: Diperkirakan pada bulan Juni, Fabio Quartararo akan menandatangani kontrak baru berdurasi 2 tahun dengan Yamaha. Sedangkan Franco Morbidelli memiliki kontrak hingga akhir 2023. “Dan kami akan memenuhinya,” tegas Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing.

WithU RNF Yamaha: Andrea Dovizioso tampil buruk, posisinya tidak aman.. Sementara rekan setimnya Darryn Binder juga harus menunjukkan kemampuannya atau diganti pembalap lain..

Ducati Lenovo: Pecco Bagnaia mampu menunjukkan performa yang solid. Jelas, hal ini membuat Jack Miller berada di bawah bayang-bayang pembalap Italia itu, meskipun runner-up 2021 itu sempat bermasalah dengan Desmosedici GP22 di awal musim. Enea Bastianini yang berhasil memenangkan 2 balapan musim ini, bisa saja mengambil alih posisi Miller. Tak hanya Bestia, Jorge Martin juga berharap kursi Jack Miller.

Pramac Ducati: Saat ini Johann Zarco dan Jorge Martin masih terikat kontrak di sana. Namun tidak menutup kemungkinan duo ini akan bertahan hingga 2023. Jika pembalap berjuluk Martinator itu menjadi kandidat Repsol Honda, maka akan ada kursi kosong bagi Jack Miller untuk kembali. Dan jika Zarco tidak mampu konsisten dalam balapan, dia bisa tersingkir karena usia. Dia akan berusia 32 tahun pada 16 Juli dan sejauh ini belum satu pun mengklaim kemenangan MotoGP. Sekarang pembalap Prancis itu berada di peringkat 7 dalam klasemen setelah mengalami 2 kali crash dalam 4 seri. Dan di tubuh Ducati sendiri, talenta muda lainnya bermunculan mulai Marco Bezzecchi hingga Vietti.

Gresini Ducati: Tahun ini Bastianini dan Fabio Di Giannantonio masih terikat kontrak. Kemungkinan Bastianini akan dipromosikan ke tim pabrikan Lenovo oleh Ducati, atau ke Pramac jika Jorge Martin bersinar di balapan berikutnya dan bergabung dengan tim pabrikan bersama Bagnaia.

Mooney VR46 Ducati: Luca Marini yang menunggangi GP22 di tahun keduanya di MotoGP, sering dibayangi rekan setimnya Marco Bezzecchi yang menunggangi GP21.

KTM Red Bull: Brad Binder terikat kontrak hingga akhir 2024 dan sejauh ini negosiasi dengan Miguel Oliveira berjalan baik. “Kami ingin melanjutkan duo pembalap saat ini,” kata Direktur KTM Motorsport Pit Beirer di Jerez akhir pekan lalu. Setelah Suzuki mundur dari MotoGP, Alex Rins dan Joan Mir kemungkinan juga akan mengetuk pintu KTM. Tapi pabrikan asal Austria itu lebih suka mengandalkan pembalap besutannya sendiri seperti Binder dan Oliveira.

KTM Tech3: Hingga 6 balapan musim 2022, Remy Gardner dan Raul Fernandez masih kesulitan dengan KTM RC16. Namun KTM tetap ingin mempertahankan pasangan pembalap ini pada 2023.

Aprilia: Aleix Espargaro yang berhasil mempersembahkan kemenangan perdana Aprilia di kelas MotoGP di Argentina, hingga saat ini dia masih melakukan negosiasi kenaikan gaji yang signifikan. Seperti halnya di Yamaha, Maverick Vinales juga dibayangi rekan setimnya itu. Dia bisa saja digantikan oleh pembalap seperti Alex Rins atau talenta Moto2 seperti Tony Arbolino.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives