Yamaha E01 Punya Torsi Lebih Besar Dari XMAX?

RiderTua.com – Yamaha E01 memang bukan menjadi versi listriknya dari NMAX walau modelnya hampir mirip satu sama lain. Tapi tetap saja, skuter EV ini menawarkan performa yang tak kalah menarik dari motor konvensional. Bahkan disebutkan kalau Yamaha E01 memiliki torsi yang lebih besar ketimbang XMAX. Bisa dibayangkan skuter ini memiliki performa lebih barik dari motor konvensional.

Baca juga: Honda dan Yamaha yang Bersaing di Pasar Motor EV

Yamaha E01 Memiliki Torsi Lebih Besar Dari XMAX

E01 memang memiliki model yang begitu mirip dengan NMAX; desainnya yang bongsor tapi terlihat elegan. Meskipun keduanya jelas merupakan jenis motor yang berbeda, dimana E01 berupa skuter bertenaga listrik murni. Apalagi model ini masih terus dikembangkan oleh Yamaha agar disempurnakan sebelum dijual.

Motor ini mengandalkan baterai 4,9 kWh bertenaga 8,1 kW serta torsi 30,2 Nm. Yang mengejutkannya, ternyata torsi yang dihasilkan E01 ini lebih besar dari skutik Maxi Yamaha XMAX, dengan torsi mencapai 24,3 Nm. Tentu ini membuat performa E01 menjadi lebih maksimal ketimbang XMAX.

(Yamaha Motor Co Ltd)

Terus Dikembangkan

Walau dengan torsi yang begitu besar, Yamaha menyematkan fitur traction control sehingga motor bisa lebih mudah dikendalikan. Apalagi kecepatan maksimalnya hanya bisa tembus 100 km/jam, jadi masih kalah cepat dari skutik kebanyakan. Daya tempuhnya hanya mencapai 100 km dengan baterai terisi penuh, dan bisa terkuras jika dipakai ngebut-ngebutan.

Semua ini berkat adanya mode berkendara Power pada E01, sehingga dapat menghasilkan torsi yang jauh lebih besar dari tenaganya. Selain Power, ada juga dua mode berkendara lainnya seperti Eco dan Standard. Mode Standard bagi mereka yang ingin berkendara biasa-biasa saja, atau Eco untuk menghemat baterai.

Entah apakah ke depannya tenaga dan torsi yang dihasilkan E01 ini bisa berubah, karena modelnya masih terus dikembangkan. Yamaha sendiri sudah memulai uji coba terhadap skuter EV ini di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives