Aprilia Kehilangan Hak Konsesi: Sehabis Tertawa Jangan ‘Menangis’

RiderTua.com – Melihat kondisi KTM setelah kehilangan hak konsesi, Aprilia tidak boleh berlama-lama berpesta.. Setelah Aprilia dan Aleix Espargaro naik podium tiga kali musim ini mereka tidak boleh berlama-lama tersenyum. Tim Italia itu kehilangan hak konsesi mulai musim MotoGP 2023.. Karena hak konsesi dicabut maka tidak dapat melakukan tes pribadi dengan pembalap resminya, yang telah menjadwalkan untuk melakukan tes di Italia dalam beberapa hari ke depan (dibatalkan). Selain itu jelas mesin membutuhkan lebih banyak keandalan karena alokasi jelas berkurang. Jika memakai mesin tambahan di luar alokasi (5 mesin) maka akan start dari pit-line. Dan hanya pembalap dari ‘planet lain’ yang bisa menang jika start dari jalur ‘depan garasi’ 😁

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, sekarang sadar bahwa mereka memiliki motor yang setara lawan.. Dan mengapa tidak mencoba mengejar impian mereka dalam perburuan gelar dunia 2022?.. “Podium Jerez membuat saya lebih tersentuh daripada kemenangan di Argentina. Sungguh menakjubkan apa yang kita dapatkan. Saya berada di podium dan saya ingat di sini di Jerez dengan kejuaraan regional dan sekarang di usia 32 tahun saya berkompetisi untuk Kejuaraan Dunia MotoGP, luar biasa”.

Di GP Jerez dia bertarung sepanjang balapan dengan Marc Marquez dan Jack Miller, masalah kopling membuatnya kesulitan di tahap awal, hingga menyalip dua pembalap sekaligus. Dia tidak memiliki kecepatan untuk bersaing dengan Pecco Bagnaia dan Fabio Quartararo, tetapi untuk 25 lap di Jerez dia sangat percaya bisa podium. “Saya melakukan tiga lap terakhir setengah detik lebih cepat dari Jack dan Marc”.

Mengingat Le Mans, pabrikan Aprilia telah melakukan uji coba beberapa pembaruan, termasuk perangkat penurun belakang baru yang terprogram. Tapi untuk Aleix prioritasnya adalah mengoptimalkan kopling.. “Karena kopling saya harus banyak mengalami kesulitan karena saya tidak bisa menyalip dan tidak semuanya bisa sempurna. Kami harus bekerja dengan kopling dan launch kontrol (start)”.

Fix, Aprilia Kehilangan Hak Konsesi MotoGP

Aprilia antusias dengan kembali meraih podium di Jerez, tetapi kehilangan manfaat dari konsesi adalah tanggung jawab baru.. Dan mulai tahun 2023 aturan yang sama akan berlaku untuk tim Italia itu seperti semua pabrikan lainnya. “Aleix telah mencapai hasil luar biasa yang tidak kami duga.. Dia berhasil melakukannya dan kami sangat senang. Artinya kita kehilangan konsesi, tapi kita senang. Dia kehilangan hak tak terbatas untuk menguji dengan pembalap resmi, tapi Lorenzo Savadori siap untuk tanggung jawab yang lebih. Kami merencanakan tes pribadi untuk sisa tahun ini dengan Lorenzo Savadori untuk lebih meningkatkan motornya,” kata Race Manager, Paolo Bonora kepada media resmi MotoGP.com.

Mulai musim MotoGP berikutnya, Aprilia akan memiliki lima mesin yang tersedia untuk setiap pembalap per musim dan tidak lagi tujuh lagi seperti tahun ini. Mungkin ini akan menjadi tanggung jawab besar bagi pabrikan Aprilia. “Memiliki lebih sedikit mesin berarti kami perlu meninjau kembali rencana kami untuk tahun depan. Kami harus mengambil langkah lain dalam hal keandalan dan performa mesin”.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives