Hyundai Santa Fe Kini Dirakit di Indonesia, Tapi…

RiderTua.com – Hyundai Santa Fe menjadi satu dari dua mobilnya yang masih dijual di Indonesia sampai sekarang setelah Starex. Tapi setelah sekian lama akhirnya mobil SUV ini mendapatkan model terbarunya beberapa bulan lalu. Apalagi Hyundai Santa Fe kini sudah diproduksi di Indonesia sejak awal tahun ini. Namun ternyata ada sejumlah fitur yang menghilang dari model tersebut.

Baca juga: Hyundai Mulai Sediakan Aksesori Khusus Creta

Hyundai Santa Fe Kini Diproduksi di Indonesia

Sejak model generasi pertamanya, Santa Fe memang sudah didatangkan dari Korea Selatan dalam model CBU (completely built-up). Karena dihadirkan sejak lama, banyak konsumen sempat bertanya-tanya apakah Hyundai bisa merakitnya disini. Apalagi setelah mereka baru membuka pabrik produksinya, Creta menjadi model pertama yang diproduksi.

Akhirnya Hyundai Motor Indonesia (HMI) mewujudkan keinginan konsumen, dengan menghadirkan Santa Fe model CKD (completely knock down). Secara garis besar, tampilannya memang tak jauh berbeda dengan model CBU-nya. Namun yang membedakannya adalah kelengkapan fiturnya.

(Motor1)

Model CKD

Varian Signature tak lagi memakai warna interior coklat, melainkan hitam, sehingga terlihat seperti kabin mobil pada umumnya. Kemudian kaca spion yang bisa mencegah silau secara otomatis diganti dengan tuas manual. Bahkan electromonic rear view mirror sudah dihilangkan dari Santa Fe model CKD ini.

Meski ada sedikit downgrade, Santa Fe versi diesel kini memakai mesin berstandar Euro 4, bukan Euro 2 lagi. Memang ini dilakukan setelah aturan emisi khusus kendaraan diesel mulai diperketat sejak bulan April lalu. Sehingga dengan ini, mesin diesel Santa Fe dapat menghasilkan emisi lebih sedikit.

Mungkin ini akan membuat Santa Fe model CKD tak semenarik model CBU-nya. Tapi setidaknya ubahannya tak begitu drastis seperti yang dibayangkan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives