Kijang Innova Bakal Disetrum, Fortuner Juga Bisa?

RiderTua.com – Kijang Innova EV Concept sempat diperkenalkan dalam pembukaan pameran otomotif IIMS 2022 akhir Maret lalu. Mobil MPV medium ini dipastikan akan disetrum dan dirilis di pasar. Tapi seharusnya jika Kijang Innova sudah mendapat varian listrik, maka model lainnya seperti Fortuner juga bisa. Namun Toyota belum terpikir untuk melakukan itu terhadap SUV ladder frame tersebut.

Baca juga: Toyota Supra Resmi Hadirkan Transmisi Manual!

Kijang Innova Mendapat Varian EV, Fortuner Bagaimana?

Baik Kijang Innova maupun Fortuner ternyata merupakan mobil Toyota yang memakai platform serupa, yaitu IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle). Platform ini juga dipakai oleh model lainnya, yaitu pikap Hilux. Meskipun memakai basis yang sama, ketiga model ini hampir tak pernah mendapat penyegaran secara bersamaan.

Meski sebenarnya Toyota pernah melakukan itu beberapa kali, terkadang Innova-Fortuner Facelift dirilis bersamaan, atau Fortuner-Hilux Facelift tahun lalu. Seharusnya ketiga model ini bisa disetrum bersamaan setelah Kijang Innova EV Concept resmi dikenalkan. Tapi nampaknya Toyota tak mau terburu-buru untuk melakukanya terhadap Fortuner dan Hilux terlebih dahulu.

(Toyota Bharat)

Pakai Platform Baru?

Toyota melihat kalau Innova menjadi model yang cocok untuk disetrum pertama kali. Mereka masih belum terpikir untuk melakukannya pada model satu platform dengan Innova, seperti Fortuner dan Hilux. Walaupun model sejenisnya sudah mendapat varian listrik murni, contohnya Ford F-150 Lightning.

Tapi kemungkinan Toyota akan memakai platform yang berbeda dengan platform Innova saat ini. Sehingga mereka dapat memasang teknologi EV dengan mudah, tanpa harus menyesuaikan platform-nya. Jadi kalau Fortuner ingin ikut disetrum, maka Toyota membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkannya.

Saat ini Kijang Innova EV belum bisa dijual di Indonesia, tapi siapa tahu Toyota akan menghadirkannya suatu saat nanti. Walau untuk elektrifikasi mobil SUV-nya masih membutuhkan waktu lama untuk mewujudkannya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives