Motor Listrik Agak Sulit Dikembangkan, Yamaha?

RiderTua.com – Motor listrik memang masih belum banyak ditemukan di pasar roda dua saat ini. Sebab pengembangannya dianggap cukup sulit dan terkadang bisa memakan waktu yang lama. Namun motor listrik sudah menjadi produk yang menjanjikan bagi Yamaha. Walau mereka tahu seberapa sulitnya untuk mengembangkan satu produk EV saja.

Baca juga: Yamaha Siap Uji Coba E01 di Indonesia!

Motor Listrik Menjadi Produk Menjanjikan Bagi Yamaha

Beberapa waktu lalu, Yamaha mengumumkan akan menguji coba skuter listriknya, E01, dalam program Proof of Concept (PoC). Pengujian ini akan dilakukan di Benua Eropa dan Asia, dan Indonesia menjadi salah satu diantaranya. Mereka akan melihat bagaimana E01 ‘disiksa’ dalam berbagai kondisi jalan yang berbeda-beda.

Tentu uji coba ini dilakukan untuk mengukur ketahanan baterai serta kenyamanan motor saat dikendarai. Berbicara soal baterai, Yamaha melihat banyak konsumen yang menginginkan baterai yang tahan lama. Dalam arti lain, baterai yang tahan lama ini akan cukup berguna karena membuat daya tempuh motor listrik menjadi lebih jauh lagi.

(Motor1)

Lebih Sulit

Selain daya tempuh, baterai juga harus tahan dalam kondisi apapun, entah di cuaca panas, dingin, bahkan jalanan banjir. Terkadang kendaraan listrik dikhawatirkan bisa menimbulkan sengatan ketika komponen baterainya terendam air akibat banjir. Dan inilah yang juga akan diteliti lebih lanjut oleh Yamaha.

Yamaha juga mempertimbangkan sistem battery swap, dengan cara melepas baterai untuk diisikan dayanya, baru setelah selesai bisa dipasang lagi. Ini juga yang menjadi tantangan bagi mereka, karena tak banyak motor listrik yang memakai sistem tersebut. Selain itu juga, sistem ini juga terbatas pada ketersediaan charging station atau stasiun pengisiannya.

Yamaha tentunya tak bisa mengabaikan kenyamanan dan fitur yang ditawarkan pada produknya. Oleh karena itu, mereka akan mencari fitur mana yang cocok untuk dipasangkan pada E01 nantinya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives