Yamaha Siap Uji Coba E01 di Indonesia!

RiderTua.com – Yamaha sudah memperkenalkan skuter listrik terbarunya di Indonesia yang bernama E01. Model ini akan menjadi pelengkap lini produk ramah lingkungan dari merek sepeda motor asal Jepang tersebut. Kabar baiknya Yamaha sudah siap untuk melakukan uji coba terhadap E01 di Tanah Air. Tak hanya itu, uji coba ini juga akan dilakukan di Jepang dan Benua Eropa.

Baca juga: Honda Genio vs Yamaha Gear 125, Persaingan Skutik Mungil 125 cc

Yamaha Bakal Lakukan Uji Coba E01 di Indonesia

E01 sudah lama dikenalkan sebagai model konsep, bersama dengan E01 yang kini dinamai NEO oleh Yamaha. Kehadiran kedua model ini bukan tanpa alasan, sebab Yamaha ingin menghadirkan lebih banyak produk ramah lingkungan. Dengan begitu, mereka ikut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon.

Model ini pertama kali dikenalkan di salah satu pameran otomotif di Jepang beberapa tahun lalu. Sebelum akhirnya dibawa ke kawasan lainnya seperti Benua Eropa hingga Asia Tenggara. Tak hanya Indonesia, negara seperti Thailand dan Malaysia juga sudah diperkenalkan dengan E01.

(Yamaha Motor Co Ltd)

Dijual atau Disewa?

Jika tak ada halangan, Yamaha berencana untuk memulai uji coba terhadap E01 yang akan dimulai bulan Juli mendatang. Uji coba yang disebut sebagai program PoC (proof of concept) ini akan melihat bagaimana E01 bisa menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca dan jalan yang dilaluinya. Begitupun dengan karakteristik pengendaranya yang juga diuji oleh Yamaha.

Tentu saja uji coba ini tak hanya difokuskan pada ketahanan motornya saja, tetapi juga baterai listriknya. Memang komponen ini menjadi salah satu komponen vital pada kendaraan listrik murni. Oleh karena itu, baterai harus didesain bisa tahan dalam kondisi cuaca dan jalan yang berbeda-beda.

Entah apakah Yamaha akan menjual E01 di Indonesia setelah proses ini, atau justru menjadi motor sewaan. Sebab calon rivalnya, Honda PCX Electric, tersedia sebagai motor sewaan dan tak dijual di pasar seperti PCX e:HEV.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives