Datsun Pamit Undur Diri Dari India, Kenapa?

RiderTua.com – Datsun dulu pernah memeriahkan pasar roda empat di Indonesia. Namun sayangnya karena kurang bersaing di pasar membuat divisi mobil murah Nissan ini harus hengkang. Ternyata Datsun juga akan undur diri dari India pada tahun ini. Padahal negara ini menjadi penyumbang penjualan mobil yang cukup tinggi.

Baca juga: Nissan Elgrand Bakal Dirombak Tahun Depan?

Datsun akan Undur Diri Dari India Mulai Tahun Ini

Divisi mobil murah Nissan ini memang sudah lama dikenal dengan sejumlah produk unggulannya. Seperti Go dan Go Live, termasuk model LCGC yang dijual di Indonesia sebagai Go Panca. Kemudian ada versi crossover bernama Cross, yang tampil menarik dengan gaya sporty-nya.

Nissan memang sengaja membawa kembali Datsun agar mereka bisa menyasar segmen entry level. Tapi karena kekacauan pada manajemennya, membuat aktivitas penjualan Datsun juga ikut terganggu. Apalagi ditambah dengan kondisi di pasar roda empat yang belum kondusif, memaksa Datsun untuk undur diri dari sejumlah negara.

(Datsun Indonesia)

Habiskan Stok

Datsun pertama kali mundur dari pasar mobil di Indonesia pada tahun 2019 lalu, kemudian setahun setelahnya mereka hengkang di negara lainnya. Tahun ini, mereka mengumumkan akan meninggalkan pasar otomotif di India. Produksi di pabriknya yang berlokasi di Chennai sudah dihentikan.

Walau demikian, Datsun masih akan terus menjual model yang tersisa sampai semuanya habis. Dengan ini, maka Datsun akan mengakhiri perjalanannya di Negeri Bollywood setelah hadir selama 8 tahun. Mereka sudah tak bisa berbuat apa-apa lagi selain harus menghentikan seluruh aktivitas penjualan dan produksinya.

Saat ini Datsun sudah tak ada lagi di Indonesia, tapi model bekasnya masih bisa ditemukan di pasar mobkas. Sehingga kini Nissan harus berjualan sendirian tanpa adanya divisi mobil murahnya lagi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives