Suzuki Prioritaskan Penjualan Mobil Rakitan Lokal?

RiderTua.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan berbagai produk roda empat di Indonesia. Beberapa diantaranya masih didatangkan secara CBU (completely built-up) dari India atau diimpor dari sana. Namun Suzuki masih ingin terus fokus berjualan mobil yang dirakit lokal di Tanah Air. Sementara model yang diimpor dari luar negeri tak menjadi fokusnya untuk saat ini.

Baca juga: Suzuki Siap Rilis Ertiga Facelift, Ada Varian Hybrid!

Suzuki Terus Fokus Menjual Mobil Rakitan Lokal

Selama beberapa tahun, Suzuki telah menghadirkan banyak mobil di Tanah Air. Dari LMPV Ertiga, LSUV XL7, mobil niaga Carry Pick-Up, Baleno Hatchback, sampai duo SUV SX4 S-Cross dan Jimny. Masing-masing menjadi andalan Suzuki di tiap segmen yang memiliki cukup banyak peminat.

Tapi dari semua model yang dihadirkannya ini, hanya tiga model yang diproduksi lokal di Indonesia. Ketiganya tak lain yaitu Ertiga, XL7, dan Carry Pick-Up, dan sisanya didatangkan langsung dari India atau Jepang. Apalagi ketiga mobil tersebut yang selalu mencatatkan hasil penjualan diatas 1.000 unit dan menjadi penyumbang penjualan tertinggi.

(Suzuki Indonesia)

Lebih Laris

Suzuki menjelaskan kalau mereka tak terlalu fokus untuk menjual model yang didatangkan dari luar negeri. Sebaliknya, mereka mementingkan penjualan mobil yang dirakit lokal di Indonesia. Jelas karena tiga mobil yang dijualnya ini selalu menyumbangkan hasil penjualan yang cukup tinggi tiap bulannya.

Sebagai contoh, Carry Pick-Up selalu mencatatkan hasil penjualan hingga lebih dari 2 ribu unit per bulannya. Hasil tersebut sudah bisa meningkatkan penjualan mobil Suzuki secara keseluruhan, dan ini lebih dari cukup bagi Carry. Sementara Ertiga dan XL7 masih dapat mencatat hasil yang lumayan bagus, walau tak setinggi Carry.

Memang sejauh ini baru ada tiga model yang dirakit lokal. Suzuki belum punya rencana untuk merakit model lainnya setelah ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives