Carmelo Ezpeleta Berharap Marc Marquez Comeback di Portimao, Tapi..

RiderTua.com – Carmelo Ezpeleta berharap Marc Marquez comeback di Portimao (seri ke-5). “Diplopia Marc tak seburuk sebelumnya. Mungkin dia akan mencoba di Portimao pada 24 April. Tapi sepertinya absennya bisa lebih lama,” kata bos MotoGP itu..  Pada 3 Oktober dan 24 Oktober 2021, pembalap MotoGP Repsol Honda itu berhasil memenangkan balapan di Texas dan Misano. Namun pada 30 Oktober sebelum GP Portugal, dia crash saat latihan motorcross. Beberapa hari kemudian, Honda mengkonfirmasi bahwa rider berusia 29 tahun itu kembali menderita diplopia. Dimana gangguan penglihatan ini sempat membuatnya absen selama beberapa minggu setelah mengalami crash di Sepang pada 2011 (Moto2). CEO Dorna berharap Marquez bisa comeback di GP Portimao pada 24 April.

Carmelo Ezpeleta Berharap Marc Marquez Comeback di Portimao Seri ke-5

Setelah mengalami crash yang mengerikan dalam sesi pemanasan di Mandalika, Marc Marquez kembali menderita diplopia yaitu penglihatan ganda. Juara dunia 8 kali itu kemudian harus istirahat total selama 6 minggu, dia hanya diperbolehkan jalan-jalan. Baru pada pertengahan Januari 2022 dia diizinkan mengendarai motor lagi setelah istirahat paksa selama 2,5 bulan.

Marquez berlatih dengan motorcross di Sirkuit Ponts tidak jauh dari kampung halamannya di Cervera. Kemudian Marc terbang ke Portugal bersama adiknya Alex, di mana pada 16 Januari dia menyelesaikan track day di ‘Autodromo Internacional do Algarve‘. Saat itu Marc mengendarai Honda RC213V-S versi jalanan dari mesin MotoGP.

Pembalap asal Spanyol itu kemudian mengintensifkan latihannya dan selama 4 hari berlatih di atas Honda CBR600RR. Dia juga menyelingi latihan dengan kart balap ditemani Alex, di trek kart Vendrell dekat Tarragon. Dan pemenang MotoGP 59 kali itu juga mengikuti tes MotoGP di Sepang pada minggu pertama bulan Februari.

Pada 29 Maret, dr Dalmau mengatakan bahwa kali ini Marc Marquez terkena diplopia yang lebih ringan ketimbang yang dideritanya pada Oktober 2021. Meski demikian, tim Repsol Honda harus menerima bahwa pembalap berusia 29 tahun itu tidak akan bisa balapan MotoGP selama 2 hingga 3 bulan.

Sementara itu bocoran berita dari Spanyol bahwa, Marc Marquez hanya dapat kembali beraksi di GP Le Mans (14-16 Mei). Ini artinya dia akan melewatkan seri Kejuaraan Dunia di Las Termas, Austin, Portimao dan Jerez.

Pada bulan Februari lalu, Marquez mengatakan, “Pada akhir April atau awal Mei akan menjadi jelas pembalap mana yang memiliki peluang untuk memenangkan gelar. Di musim dingin, setiap pembalap memiliki kesempatan untuk memenangkan kejuaraan dunia.”

Marc Marquez yang finis di posisi 5 di GP Qatar 2022, kini sedang beristirahat di rumahnya di Cervera. Dia tidak diperbolehkan berlatih di pusat kebugaran, tidak boleh jogging atau bersepeda. Jadi dia harus kembali bugar secara fisik sebelum comeback untuk balapan.

Marquez bisa berada di antara 100 atau 120 poin di belakang pemimpin klasemen. Satu hal yang sedikit melegakan HRC adalah Pol Espargaro yang finis ke-3 di Qatar, merupakan penantang yang dapat diandalkan untuk merebut podium jika motornya mampu mengelola ban lebih baik seperti di GP Indonesia.

Saat CEO Dorna Carmelo Ezpeleta ditanya, kapan dia secara pribadi mengharapkan Marc Marquez untuk kembali? “Diplopia tidak mempengaruhi Marc seburuk yang terjadi di bulan Oktober lalu. Saya berharap dia bisa membalap lagi sesegera mungkin. Mungkin dia akan mencoba di Portimao pada 24 April. Tapi sepertinya absennya bisa lebih lama,” jawabnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives