Michelin ‘Semprot’ Pol Espargaro yang Menyindir Ban Berusia 4 Tahun

RiderTua.com – Usai balapan Mandalika, Pol Espargaro menjelaskan mengapa kesulitan dengan RC213V dikaitkan dengan ban yang dibawa Michelin ke Mandalika. “Motornya (RC213V) baru (buatan tahun 2022) dan sangat berbeda dari motor berusia empat tahun, jadi bannya harus modern dan cocok untuk tipe motor ini,” kata Pol.. Bos Michelin MotoGP tentu tersinggung dengan anggapan bahwa ban itu berasal dari tahun 2018 ( 4 tahun lalu)… “Percuma berbicara tentang keselamatan jika Anda hanya mengeluh tentang performa. Selain itu, beberapa pembalap percaya bahwa ban itu berasal dari 2018, dalam artian bahwa mereka memiliki stok 4 tahun. Butuh banyak imajinasi untuk memikirkannya. Ban ini dibuat setelah tes Mandalika (baru). Ada banyak hal aneh,” kata bos Michelin, Piero Taramasso.. Menurutnya semua pembalap memakai ban sama, harus beradaptasi: yang cepat beradaptasi dengan ban baru akan ‘semakin di depan’. Indonesia trek yang cukup panas dan Michelin perlu membawa ban yang bisa mengatasi suhu tinggi, bahkan diperkirakan seri Indonesia lebih panas dari GP Thailand dan Australia nanti..

Michelin ‘Semprot’ Pol Espargaro yang Menyindir Ban Berusia 4 Tahun

Direktur Michelin, Piero Taramasso melihatnya lebih sebagai tantangan.. ” Jika kita berbicara tentang kinerja murni, mungkin sedikit lebih rendah, tetapi selama akhir pekan para pembalap melakukan hal yang sama seperti pada tes, ketika mereka melaju di trek kering untuk waktu yang lama… tiga hari. Itu adalah tantangan teknis untuk semua tim dan pembalap, ketika Anda mengganti ban, Anda harus mengerjakan sektor lain seperti: suspensi, set-up, elektronik… Mereka yang tahu cara beradaptasi dengan lebih baik akan berada di depan, mereka yang memiliki lebih banyak kesulitan akan berada di belakang. Ini adalah balapan”.

Ban ‘Indonesia’ Dipakai di Trek Lain?

Sekarang pertanyaan yang mengganggu Honda, akankah pembalap mendapatkan ban seperti di Indonesia lagi di trek lain?… ” Itu adalah kasus yang luar biasa. Di Thailand dan Austria kami akan membawa versi lain, katakanlah diperkuat, yang memungkinkan kami untuk menurunkan suhu antara 7 dan 8 derajat. Di Indonesia itu tidak akan cukup.. ” kata bos Michelin itu..

Selama akhir pekan MotoGP di Indonesia, secara umum, ada pembicaraan tentang ban empat atau lima tahun yang lalu, tetapi perlu dicatat bahwa Carcass/karkas (lapisan benang berbentuk ban dan merupakan rangka ban yang menahan udara bertekanan tinggi agar bisa menyangga ban) yang dipakai di Mandalika digunakan pertama kali pada tahun 2017, sedangkan komponnya diuji selama tes musim dingin Februari lalu. Pada kesempatan itu, Michelin menyadari bahwa Carcass yang dipakai sekarang tidak akan tahan pada suhu tinggi, sehingga perlu untuk menjamin stabilitas dan keamanan, bahkan sebelum memikirkan performa. Honda dan semua tim lainnya tahu sebelumnya bahwa mereka harus menyesuaikan setingan motor prototipe mereka. Tidak dikecualikan bahwa Carcass “tua” akan digunakan lagi selama musim ini jika kondisi iklim ekstrim membutuhkannya.

Related Articles

2 COMMENTS

  1. Ban kadaluwarsa dari Michelin…. SDH waktunya Dorna meregulasi aturan ban sperti dulu, biar persaingan ban juga ikut meramaikan moto GP…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives