MotoGP Mandalika: Dari Tikungan 3 Sampai 9, Pengereman Hanya 2 Detik

RiderTua.com – MotoGP Mandalika: Dari tikungan 3 sampai 9, pengereman hanya 2 detik… Tata letak Sirkuit Mandalika menarik perhatian para rider MotoGP. Jelang GP Indonesia, Brembo selaku pemasok rem membuka data bahwa sebenarnya hanya ada sedikit titik pengereman antara tikungan 3 dan 9. Sekedar informasi, bahkan jika rem standar tidak ditentukan di kelas MotoGP, pada 2022 semua tim mengandalkan Brembo untuk musim ke-7 berturut-turut. Data yang diambil pabrikan rem asal Italia itu dari tes resmi pada Februari, antara lain menunjukkan bahwa pembalap MotoGP menggunakan rem selama 28 detik dalam satu lap di Sirkuit Mandalika sepanjang 4,301 km. Sebagai pengingat, Pol Espargaro menetapkan waktu terbaik pada tes Mandalika dengan catatan waktu 1:31.060 menit.

MotoGP Mandalika: Dari Tikungan 3 Sampai 9, Pengereman Hanya 2 Detik

28 detik adalah nilai terendah kedua dari paruh pertama musim, hanya di Sachsenring pengeremannya lebih sedikit.

Kebetulan, di Kejuaraan Dunia Superbike yang menggelar balapan di Mandalika pada November 2021, nilainya lebih tinggi 0,5 detik. Menurut proyeksi Brembo, rem digunakan untuk 31 persen jarak balapan di kejuaraan dunia berbasis produksi dan di kejuaraan dunia MotoGP.

Terutama, mulai dari tikungan 3 hingga 9 di Sirkuit Mandalika, hanya ada satu titik pengereman yakni di tikungan 7, di mana rem diinjak selama 1,8 detik. Secara total, Brembo menyebut 9 fase pengereman untuk 17 tikungan di lintasan Mandalika yang baru selesai dibangun tahun lalu itu. Hanya dua tikungan yang sangat menuntut rem, yakni di tikungan 1 dan 10.

Garis start-finish sepanjang 507 m di Mandalika, titik pengereman tersulit di trek adalah sebelum tikungan pertama. Pembalap MotoGP tiba di kecepatan 304 km/jam dan mengurangi kecepatan dalam 4,4 detik atau menjadi 223 meter dalam 103 km/jam.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives