Daihatsu Recall Tiga Mobilnya, Ini Masalahnya

RiderTua.com – Daihatsu tiba-tiba mengumumkan recall di Indonesia terhadap tiga mobilnya. Ketiga model tersebut berupa model Gran Max, Luxio, dan Rocky, walau Raize disebut juga terkena dampaknya. Daihatsu melakukan recall ini setelah menemukan masalah pada shock absorber. Bagian ini disebut menjadi penyebab dari bunyi aneh pada kap mesin ketika mobil dikendarai di jalanan tak rata.

Baca juga: Daihatsu Hi-Max ‘Hijet’ Bakal Kembali ke Indonesia?

Daihatsu Lakukan Recall Karena Masalah Shock Absorber

Tak biasanya Daihatsu mengumumkan recall terhadap tiga model yang disebutkan sebelumnya. Apalagi Rocky dan Raize yang masih seumur jagung karena baru dirilis di Tanah Air kurang dari setahun yang lalu. Sementara Gran Max (pikap dan minibus) dan Luxio cukup populer di pasar mobil niaga.

Daihatsu menemukan masalah pada shock absorber di bagian depan mobil akibat pengelasan yang tak sempurna. Akibatnya, ketika mobil dikendarai di jalan dalam kecepatan tinggi maupun melintasi jalanan tak rata, maka akan muncul suara aneh dari kap mesin. Walau kedengarannya tak membahayakan, tapi jika dibiarkan maka bagian shock absorber tersebut bisa terlepas dengan sendirinya.

Gran Max kembali dominasi
(Foto: Daihatsu Padang)

Segera Ditangani

Masalah ini bisa berakibat cukup buruk jika itu terjadi, maka satu-satunya cara untuk bisa mengatasinya yaitu dengan menambah titik area pengelasan pada shock absorber. Dari 14 titik akan ditambah 11 titik, sehingga total ada 25 titik pengelasan yang diberikan. Dengan ini suara aneh yang ditimbulkan takkan terdengar lagi.

Ada 11.734 unit Gran Max dan Luxio yang terdampak, dengan model produksi tanggal 9 September 2021 hingga 21 Januari 2022. Sementara untuk Rocky ada 9.378 unit, dengan model produksi 28 April sampai 7 Oktober 2021. Sementara kembarannya Rocky, yaitu Raize, sebanyak 14.777 unit. Angkanya lebih besar dari Gran Max-Luxio maupun Rocky, memang karena Raize cukup laris di pasar.

Toyota saat ini tengah melakukan pendataan terhadap Raize yang bermasalah tersebut, sedangkan sebagian besar model ditangani untuk diperbaiki oleh Daihatsu. Bagi konsumen yang merasa mobilnya di-recall dapat melakukan pengecekan di dealer terdekat. Jika ada masalah pada bagian shock absorber, maka akan dilakukan perbaikan secara gratis.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives