Yamaha Mulai Kembangkan Tiga Motor Hybrid Terbaru!

RiderTua.com – Yamaha baru memiliki satu motor hybrid yang dijualnya, yaitu Fazzio di Indonesia. Skutik bergaya retro-modern ini menjadi model hibrida pertama yang dimiliki oleh merek berlogo garpu tala tersebut. Namun Yamaha masih belum puas dan mereka menyiapkan motor hybrid lainnya. Ada tiga model yang sudah disiapkan untuk dirilis ke depannya.

Baca juga: Yamaha Ingin Sematkan Teknologi Hybrid Pada TMAX?

Yamaha Menyiapkan Motor Hybrid Lainnya

Sejauh ini Yamaha baru memiliki satu model hibrida, yaitu Fazzio Hybrid Connected, yang dijual di Indonesia. Walau secara teknis Fazzio bukanlah motor hybrid pertama dari Yamaha, karena mereka pernah menghadirkannya sebagai model ‘The Gen-Ryu’. Model ini dikenalkan pada tahun 2005 silam, walaupun modelnya masih berupa konsep dan tak pernah terwujud sampai sekarang.

Sementara itu, regulasi emisi karbon di Benua Eropa sudah semakin ketat, sehingga produsen harus menjual kendaraan ramah lingkungan. Terlebih Inggris akan melarang kendaraan konvensional mulai tahun 2030, itupun termasuk kendaraan roda dua. Ini membuat Yamaha untuk sesegera mungkin memulai pengembangan motor hybrid terbarunya.

(Yamaha Motor Europe)

Skutik Bongsor

Tapi bukan Fazzio yang akan disiapkan untuk dijual di Inggris, karena Yamaha sudah menyiapkan model khususnya. Tercatat ada tiga model yang disiapkan, yaitu HV-01, Luxair Hybrid, dan HV-X. Untuk HV-01, desainnya sekilas mirip dengan skutik Maxi Yamaha, yaitu TMAX.

Sebelumnya, TMAX disebut bakal mendapat teknologi hybrid, mungkin hampir serupa dengan punyanya Fazzio. Apalagi patennya sudah diajukan, walau ada kemungkinan model tersebut bukanlah TMAX, melainkan HV-01. Tapi tetap saja, skutik bongsor ini bakal menjadi calon penantang baru bagi Honda PCX e:HEV.

Menariknya ketiga model ini sudah lama dirancang oleh Yamaha sejak tahun 2005 sampai 2009. Tapi entah mengapa mereka baru melakukannya sekarang, walau itu tak menjadi masalah. Asalkan Yamaha sudah mulai melakukan ekspansi besar-besaran terhadap produk ramah lingkungannya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives