Pecco Tak Masalah ‘Towing’ Marquez: Itu Sudah Gaya Marc!

RiderTua.com – Posisi start sangat menentukan kemenangan di era persaingan ketat saat ini, semakin baik Anda berangkat dari tempat terdepan kemungkinan terjebak ‘kemacetan’ dan kemelut semakin kecil, bahkan risiko senggolan saat berebut memasuki tikungan pertama. Marc Marquez ambil keuntungan dari slipstreamnya Bagnaia dan itu bukan hal yang dilarang dan sah dalam kualifikasi. Setelah menempati posisi ke-9 di kualifikasi pertama musim ini, Ducati tahu bahwa Francesco ‘Pecco’ Bagnaia tidak mendapatkan bantuan slipstream di kualifikasi, melainkan malah menjadi kekuatan pendorong untuk Marc Marquez sebagai faktor penentu. “Sulit untuk melakukan sesuatu dalam situasi ini, karena kami sudah tahu gaya Marc. Tidak apa-apa, saya mencoba yang terbaik bahkan jika itu bukan kualifikasi terbaik saya. Dengan trik slipstream kita pasti mendapatkan tambahan 0,3 detik,” ujar rider berusia 25 tahun itu.

Pecco Tak Masalah ‘Towing’ Marquez: Itu Sudah Gaya Marc

Pecco Bagnaia menambahkan, “Pada trek ini kita pasti mendapatkan 0,3 detik dengan slipstream. Dan 0,3 detik lebih banyak. Tapi saya seorang pembalap yang lebih memilih untuk mencoba tanpa slipstream, terlebih lagi dalam situasi ini. Saya belum melakukan banyak lap dengan motor saya, karena saya telah menguji terlalu banyak hal.”

“Saya lebih suka mengatur catatan waktu saya sendiri. Kami sudah tahu bahwa sulit untuk berada di barisan depan hari ini. Hal baiknya adalah untuk pertama kalinya tahun ini saya kembali menemukan feeling untuk berada di depan lagi. Saya senang tentang itu. Itu hanya sulit untuk memacu hingga limit. Kami melewatkannya hari ini,” imbuhnya.

Pekerjaan tes di tim pabrikan Ducati Lenovo menghabiskan lebih banyak waktu di musim dingin ketimbang yang diinginkan Bagnaia. “Untuk pertama kalinya sejak awal tahun saya mengendarai motor yang sama dalam dua sesi hari ini. Sebelumnya, itu selalu tentang menguji hal-hal yang berbeda. Sampai hari ini, mulai dari hari pertama tes tahun ini, saya belum bisa memikirkan diri sendiri dalam satu sesi. Hari ini di FP4 itu untuk pertama kalinya,” ungkap Pecco.

“Pemanasan pasti akan sangat-sangat penting bagi saya besok. Kami dapat mengatakan bahwa, musim saya dimulai hari ini karena hari ini adalah pertama kalinya saya memikirkan diri sendiri. Saya juga mulai mengerjakan set-up, untuk pertama kalinya hari ini.”

Karena krisis kesehatan, pengembangan sebagian terhenti musim dingin lalu. Jadi apakah Bagnaia kurang berpengalaman dalam hal ini? Apakah ada lebih banyak yang harus dilakukan ketimbang yang diperkirakan? “Aku tahu itu akan lebih sulit. Jika kita melakoni banyak tes, kita juga memiliki lebih banyak waktu. Selama beberapa hari tes tahun ini, kami mencoba banyak, mungkin terlalu banyak. Meskipun demikian, itulah peran seorang bekerja sebagai pembalap,” ujar pembalap asal Italia itu.

“Saya senang berada di tim pabrikan dan saya senang ada banyak hal yang harus diuji. Tetapi saya juga tahu bahwa kami tidak berada di depan hari ini, karena sebagai pembalap saya harus menemukan feeling itu lagi . Hari ini saya bisa fokus pada diri sendiri lagi dan ketika saya masuk pit setelah FP4, hal pertama yang saya katakan adalah, ‘Saya senang telah menemukan perasaan tahun lalu itu lagi’.”

Banyak Pembalap Cepat

Menjelang musim 2022 ini, pemenang 4 kali musim 2021 itu berulang kali disebut-sebut sebagai penantang utama untuk meraih gelar. Tetapi dia mengurangi ekspektasi menjelang balapan perdana di Qatar. “Hasil yang bagus adalah masuk 5 besar di race hari Minggu. Kami harus realistis dan akhir pekan ini banyak pembalap yang lebih cepat dari saya. Tetapi saya pikir dengan hal-hal yang kami temukan hari ini, kami dapat meningkat lebih banyak besok. Yakni sekali dalam pemanasan dan kemudian dalam balapan, kami biasanya selalu menemukan sedikit lebih banyak,” tegas Pecco.

“Saya ingin mengatakan bahwa saya bisa menang besok. Tetapi agar realistis dan kredibel, kita harus mengatakan, masuk 5 besar akan bagus besok. Kami juga harus ingat bahwa, ini hanya balapan akhir pekan pertama musim ini. Saat ini kita tidak perlu khawatir. Jika saat ini kami khawatir, itu akan sangat dramatis. Saya cukup percaya diri dan cukup senang dengan apa yang kami temukan hari ini. Saya bisa mengendarai motor dengan gaya balap saya lagi hari ini, jadi saya senang,” pungkas murid Valentino Rossi itu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives