Categories: MotoGP

Brad Binder Tebar Ancaman: Motornya Hebat, Saya Siap Balapan!

RiderTua.com – Brad Binder: Motornya hebat saya siap balapan… Di FP1, pembalap asal Afrika Selatan itu tampil mengejutkan setelah berhasil membukukan waktu terbaik. Namun pada saat FP2, Brad Binder mengalami masalah teknis dengan rem. Dan di hari Sabtu, pembalap Red Bull KTM itu tampil apik dan menempatkan KTM RC16 di posisi ke-7 di grid start GP Qatar. Untuk itu, rider berusia 26 tahun ini adalah salah satu kandidat untuk meraih podium! “Saya tidak pernah merasa senyaman ini di Qatar,” katanya.

Brad Binder: Motornya Hebat, Saya Siap Balapan

Lebih lanjut Brad Binder mengatakan, “Itu adalah hari yang solid. Saya senang dengan pekerjaan yang kami lakukan hari ini. Hasil FP2 kemarin mengecewakan karena mogok, dan adanya ‘aktivitas paranormal’ pada motor yang memperlambat kami. Saya senang, saya berhasil meningkat hari ini. Motornya terasa hebat. Saya merasakan itu selama tes di Malaysia dan Indonesia. Saya tidak pernah merasa senyaman ini di Qatar dengan KTM RC16. Saya siap untuk balapan besok.”

Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, para pembalap MotoGP akan berkompetisi di Qatar tanpa tes sebelumnya. Oleh karena itu, sulit untuk menilai bagaimana keseimbangan kekuatan akan terlihat sampai balapan.

Lintasan sepanjang 5,380 meter (10 tikungan kanan, 6 tikungan kiri, trek lurus sepanjang 1068 meter) menyelenggarakan balapan untuk pertama kalinya pada tahun 2004. Dan pada tahun 2008, digelar ‘night race’ untuk pertama kalinya. Pada tahun 2020 balapan MotoGP dibatalkan karena krisis kesehatan.

Namun tahun 2021 lalu, digelar dua balapan MotoGP di Sirkuit Losail yakni pada 28 Maret dan 4 April. Sejauh ini Pecco Bagnaia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1:52,772 menit dan kecepatan rata-rata 171,7 km/jam. Pada 2021, Johann Zarco menorehkan top speed tertinggi dengan 362,4 km/jam.

Tahun lalu, Brad Binder finis di urutan ke-13 pada balapan pertama dan urutan ke-8 pada balapan kedua di Qatar. Dia hanya sekali gagal mencetak poin, dan dengan demikian kakak Darryn Binder (WithU Yamaha RNF) itu menempati peringkat 6 di Kejuaraan Dunia.

Brad Binder sangat mengandalkan balapan 22 lap di Sirkuit Losail. Karena dia berhasil masuk 5 besar untuk sebagian besar FP3 saat lawannya semua dalam race trim. Selain itu, FP4 ini berlangsung hampir bersamaan dengan dimulainya balapan (pukul 6 sore waktu setempat/jam 4 sore di Eropa/pukul 10 malam di Indonesia).

Pembalap satu ini dikenal dengan ‘Brad attack’ yang bisa dia andalkan di Q1. Pemenang race MotoGP dua kali itu berhasil masuk 2 besar pada lap ke-7 dan karena itu lolos ke Q2 di mana 12 posisi grid terbaik diberikan.

Brad telah menyelamatkan dua ban belakang soft untuk dua ‘time attack’ dan untuk sementara bahkan berada di antara 3 teratas di Q2 ini.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024