Toyota Yaris Kena Recall di Australia, Ada Apa?

RiderTua.com – Toyota Yaris menjadi mobil hatchback yang cukup populer di pasar global. Tapi tiba-tiba saja merek mobil ini mengumumkan recall terhadap model tersebut di Australia. Toyota Yaris, termasuk model GR Yaris ditarik karena adanya masalah pada dua fiturnya. Kedua fitur tersebut adalah sensor radar dan kamera yang berpotensi tak bisa bekerja dengan baik.

Baca juga: Toyota Ingin Produksi Mobil Hybrid di Dua Negara?

Toyota Yaris dan GR Yaris Di-Recall Karena Masalah Pada Fitur

Masalah ini ditemukan pada fitur sensor radar dan kamera, yang berfungsi untuk mendeteksi kendaraan atau objek di depan mobil. Jika fitur ini tak berfungsi dengan baik, maka pre-collision system terkena dampaknya. Kalau ini terjadi, maka indikator peringatan pada panel instrumen tidak menyala.

Selain pre-collision system, fitur lane centering juga berpotensi mengalami masalah. Hanya saja masalah ini mengakibatkan laju mobil tak bisa berjalan pelan secara otomatis, bahkan ketika adaptive cruise control diaktifkan. Tentu ini cukup membahayakan bagi penggunanya karena ada kemungkinan mobil bisa melaju tak terkendali.

(Auto Express)

Fitur Radar

Agar masalah tak semakin memburuk, maka Toyota Australia segera melakukan recall disana. Model yang terdampak yaitu hatchback Yaris model produksi Mei 2020 dan Agustus 2021. Ternyata tak hanya Yaris yang mengalami dampak dari recall, tetapi juga varian sport-nya, GR Yaris, serta SUV C-HR.

Toyota akan mengirimkan pemberitahuan kepada pemilik ketiga mobil tersebut untuk segera memperbaikinya di dealer terdekat. Tentu saja Toyota takkan memungut biaya untuk perbaikan ini alias gratis. Walaupun belum ada kasus kecelakaan yang diakibatkan dari dua masalah tersebut, Toyota harus sesegera mungkin menyelesaikannya.

Yaris yang ditarik di Negeri Kangguru merupakan model XP210, model yang tak dijual di Indonesia. Namun GR Yaris dijual disini, meskipun belum dipastikan apakah model di pasar global juga ikut terkena dampak dari recall ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives