Volkswagen T-Cross Bisa Dirakit di Indonesia?

RiderTua.com – Volkswagen T-Cross sudah diluncurkan di Indonesia pada tahun ini. Mobil small SUV tersebut menjadi lawan baru bagi Raize-Rocky dkk yang hadir lebih dulu. Namun belum dipastikan apakah Volkswagen T-Cross bisa diproduksi disini layaknya Tiguan Allspace. VW sendiri tak ingin berkomentar lebih jauh soal itu untuk sekarang.

Baca juga: Volkswagen Siap Hadirkan T-Cross di Indonesia!

Volkswagen T-Cross Bisa Diproduksi Layaknya Tiguan Allspace

T-Cross sudah lama dijual oleh Volkswagen sejak tahun 2019 lalu di pasar global. Sebagai mobil terkecil yang dimiliki merek asal Jerman tersebut, T-Cross sudah dijual di sejumlah negara di seluruh dunia. Salah satunya di Negeri Tirai Bambu, dimana model ini lebih dikenal sebagai VW Tacqua.

Sejauh ini T-Cross sudah diproduksi di empat negara, selain di Negeri Panda juga dirakit di Spanyol, Brazil, dan India. Sementara model T-Cross yang dihadirkan di Indonesia didatangkan dari India dalam bentuk CBU (completely built-up). Karena inilah, model tersebut dijual dengan harga cukup tinggi dibandingkan dengan model sekelasnya di Tanah Air.

(soundandmachine.com)

Bersama Tiguan Allspace

Meskipun didatangkan dari India, VW lewat Garuda Mataram Motor (GMM) menjamin kualitasnya masih sebagus modelnya yang dijual di Eropa. Mereka sangat menjaga kualitas dari T-Cross agar tak mengecewakan konsumen setelah dijual di pasar. Walaupun banderolnya lebih mahal dari kompetitor yang ada.

GMM sudah tahu kalau banderol T-Cross bisa lebih mahal dari yang diduga sebelumnya. Oleh karena itu, mereka mengusahakan untuk bisa memproduksinya secara lokal walaupun dalam bentuk CKD. Dengan begitu, harganya bisa ditekan lebih jauh dari harga normalnya. Walaupun begitu, mereka masih harus mendiskusikannya dengan pihak prinsipal.

Jika GMM benar-benar akan merakit T-Cross di Indonesia, maka model ini akan menjadi mobil VW kedua yang dirakit CKD setelah Tiguan Allspace. Sebelumnya Tiguan sempat didatangkan langsung dari luar negeri. Tapi akhirnya GMM merakitnya secara lokal agar bisa menjualnya dengan harga lebih terjangkau.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives