Darryn: Ini Masih Motor dan Punya Dua Roda

RiderTua.com – Musim 2022 ini, Darryn Binder melangkah ke kelas MotoGP bersama tim WithU Yamaha RNF. Pembalap berusia 24 tahun itu melompat langsung dari Honda NSF250 RW 250cc dengan power 65hp ke motor 1000cc bertenaga mencapai 285 HP Yamaha M1 YZF. “Bodoh jika saya tidak menerimanya. Pada akhirnya, itu masih motor. Dimana dia memiliki dua roda dan saya akan mengendarainya, ” kata Darryn tentang kepindahannya yang mengejutkan ke kelas utama. Dia cuek dengan kritikan yang dilontarkan teman-teman pembalapnya. Sejauh ini Binder berkompetisi di 117 balapan Kejuaraan Dunia Moto3 dan hanya memenangkan 1 balapan, yakni di GP Catalunya pada 2020 dengan KTM. Pada tahun 2021 dia menempati peringkat 6 secara keseluruhan di Moto3 dengan Petronas Sprinta Honda.

Darryn Binder: Ada Pembalap Lain yang Mengkritik Keputusan Saya

Gedung opera Teatro Filarmonico di Verona menjadi latar presentasi tim RNF WithU Yamaha milik Razlan Razali dengan dua pembalapnya Andrea Dovizioso dan Darryn Binder.

Sebelum Darryn, hanya ada satu pembalap yang berani melompat dari 250cc ke 1000cc yakni Jack Miller sebagai runner-up Moto3 yang gantikan Stefan Bradl untuk 2015 di LCR Honda.

Darryn Binder tahu, dia akan menghadapi tantangan yang menakutkan di depannya. “Ya, dari Moto3 ke MotoGP, itu pasti langkah besar. Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya untuk memberikan kesempatan ini di kelas utama. Saya sangat menantikan tantangan ini. Ada lima rookie di MotoGP tahun ini dan saya ingin bersaing dengan pendatang baru lainnya. Saya menantikan itu,” ujarnya.

Binder senang memiliki rekan setim pembalap senior sekaliber Andrea Dovizioso, yang akan segera berusia 36 tahun di sebelahnya. “Saya berharap dapat bekerja sama dengannya dan belajar sebanyak mungkin darinya. Dia memiliki banyak pengalaman,” imbuhnya antusias.

Binder terkagum-kagum saat menjalani tes pada 18-19 November di Jerez, pasalnya dia menunggangi motor MotoGP untuk pertama kalinya. Dia menambahkan, “Saat itu seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Saya tidak pernah mengendarai motor yang memiliki sedikit kemiripan dengan motor MotoGP. Saya menikmati setiap lap dan setiap momen, itu benar-benar menakjubkan.”

Rider berambut panjang itu tahu dia harus membuat perubahan besar pada gaya balapnya. “Misalnya, saya harus menggunakan rem lebih hati-hati karena mereka mengembangkan begitu banyak daya henti. Saya juga harus berhati-hati saat berakselerasi agar roda belakang tidak terlalu spin. Di Moto3 kita dapat membuka gas sesuka hati, ada sedikit bahaya saat roda spin. Tentu saja, saya harus menyesuaikan gaya balap saya, tidak ada keraguan tentang itu,” lanjutnya.

Saat Darryn ditanya, bagaimana persiapannya untuk musim debutnya di MotoGP? Adik Brad Binder (Red Bull KTM) itu menjawab, “Semua pembalap ingin membalap di MotoGP suatu hari nanti. Ketika kita mendapatkan kesempatan seperti itu, kita tidak bisa menolaknya. Ini adalah kesempatan terbesar yang saya miliki dalam hidup saya. Jadi aku menerimanya dengan kedua tangan. Saya tahu ada banyak pendapat dan komentar yang berbeda tentang ini. Tapi akan sangat bodoh jika aku tidak menerimanya. Saya bekerja keras untuk menuju tujuan ini sepanjang hidup saya. Saya ingin melakukan yang terbaik sekarang.”

“Tentu, ada pembalap lain yang mengkritik keputusan saya. Saya benar-benar tidak peduli,” kata Darryn yang memiliki reputasi buruk sebagai pembalap usai terlibat crash di Moto3 tahun lalu.

Apakah sekarang Darryn sudah mempunyai pelatih mental? “Saya tentu tidak membutuhkannya. Saya orang yang bahagia. Saya tidak ingin berbicara tentang ‘omong kosong’. Saya melanjutkan jalan saya, cukup normal. Saya mendekati musim ini seperti semua musim sebelumnya. Tentu saja saya meningkatkan latihan pengkondisian saya di beberapa area, karena motor ini membutuhkan lebih banyak kekuatan. Tapi di musim dingin saya beristirahat seperti biasa. Saya pulang ke Afrika Selatan, di mana saya berlatih lebih banyak di gym daripada biasanya. Pada akhirnya, itu masih motor. Dimana dia memiliki dua roda dan saya akan mengendarainya,” pungkas pembalap WithU Yamaha RNF itu.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives