Ekspor Mobil ke Luar Negeri Sudah Memulih!

RiderTua.com – Sepanjang tahun ini, penjualan mobil di Indonesia sudah mengalami kenaikan cukup drastis. Ini terjadi berkat adanya insentif PPnBM yang diberikan, sehingga mendongkrak hasil yang didapat. Tak hanya penjualan dalam negeri, ekspor mobil ke luar negeri juga mengalami peningkatan. Tentu ini menjadi sesuatu yang bagus, sebab pasar otomotif luar negeri juga sudah memulih secara bertahap.

Baca juga: Hasil Penjualan Mobil Januari-November 2021, Avanza Makin Tak Terkejar!

Hasil Ekspor Mobil ke Luar Negeri Alami Peningkatan

Ini sudah menjadi kabar bagus bagi industri otomotif di Indonesia. Sebab dengan peningkatan pada penjualan dalam negeri serta ekspor ini, angka penjualan mobil bisa memulih kembali. Apalagi hasil tersebut didapat setelah sebelumnya sempat menurun drastis akibat kondisi pasar pada tahun lalu.

Tercatat dari bulan Januari hingga November 2021 lalu, pemulihan ekspor mobil sudah mencapai 89 persen. Tentu itu hasil yang cukup bagus, walau hampir seluruhnya memulih, setidaknya peningkatan ini lebih baik dari sebelumnya. Penjualan mobil secara domestik hanya selisih satu persen dari ekspor mobil.

Penjualan mobil Toyota global sudah pulih
(Foto: Viva)

Hampir Pulih 100 Persen

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) menjadi produsen mobil dengan angka ekspor tertinggi di Indonesia. Jelas karena mereka mengirim berbagai jenis mobil ke luar negeri, entah itu model MPV, SUV, atau sedan. Model seperti Vios, Yaris, hingga Sienta menjadi unggulannya dalam pasar ekspor.

Kemudian merek divisinya, Daihatsu, menyumbangkan hasil ekspor yang cukup tinggi pula. Mereka juga memiliki banyak model yang diekspor, salah satunya Gran Max serta kembarannya, Mazda Bongo dan Toyota LiteAce. Tak hanya itu, si kembar Avanza-Xenia, Wigo ‘Agya’, sampai Rush dan Raize ikut menyumbangkan hasil tersebut.

Merek lainnya juga ikut berkontribusi dalam hasil ekspor mobil dari Indonesia ke luar negeri. Seperti Suzuki, Mitsubishi dan divisi kendaraan komersilnya, Fuso, hingga Wuling dan DFSK.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page