CB150R Tak Bisa ‘Disulap’ Jadi CB150X, Ini Alasannya

RiderTua.com – CB150X dihadirkan di Indonesia untuk mengisi segmen baru, yaitu motor sport adventure 150 cc. Sebenarnya Honda juga memiliki model yang serupa dengan CB150X, yaitu CB150R Streetfire. Tapi jelas karena berbeda jenis, CB150R tak bisa dimodifikasi menjadi CB150X. Bahkan Honda sendiri tak menyarankan untuk melakukan modifikasi tersebut pada CB150R.

Baca juga: Ini Bedanya Honda CB150X Standard dan Special Edition

CB150R Tak Dapat Dimodifikasi Menjadi CB150X

Sebenarnya baik CB150R maupun CB150X memiliki kemiripan satu sama lain. Dari rangka, bodi tengah dan belakang, lampu depan, sampai mesinnya sama, meskipun keduanya berbeda jenis. Kalau CB150R berupa motor naked atau naked bike, CB150X adalah motor sport adventure.

Meskipun keduanya hampir mirip, tapi bukan berarti CB150R bisa dikonversi menjadi CB150X. Astra Honda Motor (AHM) tak menyarankan pemilik naked bike tersebut untuk melakukan modifikasi besar-besaran agar membuatnya mirip dengan CB150X. Jelas karena ini bisa menggugurkan garansinya, dan itu sesuatu yang tak diinginkan oleh Honda.

(Astra Honda Motor)

Beda Komponen

Selain itu, jika melakukan modifikasi pada CB150R untuk ‘disulap menjadi CB150X, maka ada potensi berpengaruh pada pengendalian dan kenyamanan motor. Jelas karena kedua model tersebut hadir sebagai jenis motor yang berbeda dan memiliki tingkat pengendalian yang beda pula. CB150X lebih diperuntukkan bagi mereka yang ingin menerobos jalanan off-road.

Memang modifikasi bukan menjadi sesuatu yang tak biasa di dunia otomotif, apalagi bagi sepeda motor. Tapi jelas modifikasinya jangan sampai kelewat batas hingga bisa-bisa menggugurkan garansinya. Selain itu, performa pengendalian motor takkan sama dengan model yang menjadi basisnya.

Kini Honda sudah memiliki sejumlah motor 150 cc yang dijual di Indonesia. Selain berupa naked bike dan sport adventure, mereka juga memiliki CBR150R yang berupa motor sport full fairing. Ada juga model skutik 150 cc yang sangat diandalkannya, salah satunya PCX.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page